PENGARUH KEPATUHAN STRUKTUR PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP EFISIENSI USAHA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KECAMATAN TEGALLALANG

I Made Astawa, I Gede Agus Pertama Yudantara, I Putu Julianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan pengendalian, penaksiran risiko, informasi dan komunikasi, aktivitas pengendalian, dan pemantauan terhadap efisiensi usaha pada Koperasi Simpan Pinjam di Kecamatan Tegalalang. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 163 dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 34 sampel. Tingkat pengembalian kuesioner 100% yaitu sebanyak 34 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Lingkungan Pengendalian dengan nilai probabilitas 0,00 lebih kecil dari 0,05 (2) Penaksiran dengan nilai probabilitas 0,04 lebih kecil dari 0,05, dan (3) Informasi dan Komunikasi dengan nilai probabilitas 0,00 lebih kecil dari 0,05, (4) Aktivitas Pengendalian dengan nilai probabilitas 0,02 lebih kecil dari 0,05, dan (5) Pemantauan nilai probabilitas 0,00 lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa semua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi usaha dengan variabel paling dominan yaitu pemantauan dilihat dari uji t yang memiliki nilai paling besar yaitu 8,247.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v10i3.22807

Article Metrics

Abstract view : 247 times
PDF file view : 265 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.