PENGARUH KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA, PENGENDALIAN INTERN AKUNTANSI, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KETERANDALAN PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng)

Authors

  • Kadek Hengki Primayana .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .
  • Nyoman Ari Surya Darmawan, S.E., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.2492

Abstract

Akuntabilitas dapat diwujudkan melalui laporan keuangan pemerintah daerah. Laporan keuangan haruslah bersifat andal agar dapat dipercaya oleh penggunanya. Pelaporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Buleleng menjadi menarik untuk dikaji karena selama tahun 2007-2011, LKPD Kabupaten Buleleng tidak pernah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kapasitas sumber daya manusia terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Buleleng, 2) pengaruh pengendalian intern akuntansi terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Buleleng, 3) pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Buleleng, 4) pengaruh pengawasan keuangan daerah terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Buleleng, dan 5) pengaruh kapasitas sumber daya manusia, pengendalian intern akuntansi, pemanfaatan teknologi informasi, dan pengawasan keuangan daerah terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang lokasi penelitiannya dilakukan di masing-masing SKPD Kabupaten Buleleng. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dikirim dan diambil sendiri oleh peneliti terhadap responden yang berjumlah 183 orang yang tersebar di subbagian keuangan pada SKPD Kabupaten Buleleng. Untuk analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah 1) memadainya kapasitas sumber daya manusia berpengaruh terhadap meningkatnya keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah, 2) pengendalian intern akuntansi yang baik berpengaruh terhadap meningkatnya keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah, 3) tingginya pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap meningkatnya keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah, dan 4) pengawasan keuangan daerah yang baik berpengaruh terhadap meningkatnya keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah.
Kata Kunci : Sumber daya manusia, pengendalian intern akuntansi, teknologi informasi, pengawasan, keterandalan

Accountability could be realized through local government financial reports. Financial reporting should be reliable in order to be trusted by its users. The financial report of the local government of Buleleng Regency became interesting to study because during the years 2007-2011, financial report of the local government of Buleleng regency never got unqualified opinion.The purpose of this study was to determine: 1) The effect of human resource capacity to the reliability of financial report of Buleleng regency, 2) The effect of internal accounting controls to the reliability of financial reporting of Buleleng Regency Government, 3) The effect of the use of information technology to the reliability of financial reporting Buleleng Regency Government, 4) The effect of regional financial oversight to the reliability of financial reporting Buleleng Regency Government, and 5) The effect of human resource capacity, internal accounting controls, the use of information technology, and regional financial oversight to the reliability of financial reporting Buleleng Regency Government. This research was a quantitative research study conducted at the location of each SKPD Buleleng. The data was collected by using a questionnaire that was sent and taken by the researcher to the respondents, amounting to 183 people, spread across financial subsections on SKPD Buleleng. The data analysis was done with a multiple linear regression analysis with SPSS. The results of this study were 1) adequate human resource capacity increasing effect on the reliability of the local government financial reporting, 2) good internal accounting control effect on increasing the reliability of the local government financial reporting, 3) high utilization of information technology affect the reliability of the local government financial reporting, and 4) a good financial supervision influential in raising the reliability of the local government financial reporting.
keyword : human resources, internal accounting control, information technology, control, reliability

Published

2014-02-28

Issue

Section

Articles