Analisis Transparansi Sistem Pemberian Kredit Pada Usaha Simpan Pinjam Kesejahteraan Bersama Peringadi Banjar Adat Kawan Bangli

Wayan Nopiani, Anantawikrama Tungga Atmadja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Alasan krama banjar adat Kawan Bangli membangun suatu usaha simpan pinjam. (2) Sistem pemberian kredit pada Usaha Simpan Pinjam Kesejahteraan Bersama Peringadi Banjar Adat Kawan, Bangli, dan (3) Transparansi dalam prosedur pemberian pinjaman kredit pada Usaha Simpan Pinjam Kesejahteraan Bersama Peringadi Banjar Adat Kawan, Bangli. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian Ini Dilakukan Di Banjar Adat Kawan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer bisa didapatkan dengan melakukan wawancara terhadap informan, sedangkan data sekunder tersebut berupa buku-buku yang berisi teori dan jurnal ilmiah yang mendukung penelitian. Teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi dilakukan peneliti dalam rangka untuk mengumpulkan data. Data yang sudah terkumpul di peneliti akan dianalisis dengan cara reduksi data agar data penelitian tidak menyimpang dengan pertanyaan penelitian. Data yang telah direduksi disajikan dan dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Alasan Krama banjar adat Kawan Bangli membangun suatu usaha simpan pinjam adalah semata-mata hanya untuk mensejahterakan krama Banjar Adat Kawan Bangli dan untuk membantu krama banjar adat yang mengalami kesulitan keuangan dalam melaksanakan upacara keagama. (2) Sistem pemberian kredit pada Usaha Simpan Pinjam Kesejahteraan Bersama Peringadi Banjar Adat Kawan Bangli sudah sangat baik karena mengikuti urutan-urutan langkah yang lazim dalam prosedur perkreditan yang harus ditangani oleh bank atau lembaga keuangan. (3) Transparansi dalam prosedur pemberian pinjaman kredit pada Usaha Simpan Pinjam Kesejahteraan Bersama Peringadi Banjar Adat Kawan, Bangli yaitu suah transparan karena krama Banjar Adat Kawan berserta prajuru banjar adat kawan setiap akhir tahun melaksanakan rapat rutin untuk membicarakan mengenai hasil akhir tahun di Usaha Simpan Pinjam Kersejahteraan Bersama Peringadi Banjar Adat Kawan Bangli.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v11i2.24978

Article Metrics

Abstract view : 239 times
PDF file view : 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.