Analisis Komparatif Saham LQ45 Sebelum dan Sesudah Peristiwa Dikeluarkannya Indonesia dari Daftar Negara Berkembang oleh Kantor Perwakilan Dagang Amerika Serikat (USTR)

Bayu Darmika, I Made Pradana Adiputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan rata-rata abnormal return, trading volume activity dan security return variability sebelum dan sesudah peristiwa dikeluarkannya Indonesia dari daftar negara berkembang oleh USTR pada saham anggota indeks LQ45 periode Februari hingga Juli 2020. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan 7 hari bursa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda (t-test) berupa paired sample t-test dan wilcoxon signed ranks test. Penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata abnormal return dan rata-rata trading volume activity yang signifikan sebelum dan sesudah peristiwa dikeluarkannya Indonesia dari daftar negara berkembang oleh USTR, namun tidak terdapat perbedaan rata-rata security return variability yang signifikan sebelum dan sesudah peristiwa dikeluarkannya Indonesia dari daftar negara berkembang oleh USTR.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v11i2.25129

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF file view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.