Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Kompetensi Aparatur Desa Dan Kepemimpinan Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Tampaksring

Luh Adek Krisnawati, Gede Adi Yuniarta

Abstract


 Tujuan dari explorasi mengenai pengelolaan dana desa yaitu sebagai kajian indra pengalaman mengenai kejelasan sasaran anggaran, kompetensi aparatur desa serta kepemimpinan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Kecamatan Tampaksiring. Observasi mengenai pengelolaan dana desa adalah jenis  observasi kuantitatif dengan data primer serta mendapatkan hasil dari penyebaran kuesioner dan skala likert adalah alat pengukuran dalam penyebaran angket. Seluruh aparat desa di Kecamatan Tampaksiring yaitu sebanyak 80 orang adalah populasi dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dimana populasi mencakup semua sampel  yaitu semua aparat desa/pegawai. Analisis linear berganda adalah teknik analisis data yang digunakan dengan aplikasi IBM SPSS V.22.Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kejelasan sasaran anggaran, kompetensi aparatur desa dan kepemimpian berdampak positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Kecamatan Tampaksiring.
Kata kunci : kejelasan sasaran anggaran, kompetensi aparatur desa, kepemimpinan, akuntabilitas


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v11i2.25332

Article Metrics

Abstract view : 345 times
PDF file view : 371 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.