Pengaruh Whistleblowing System, Good Corporate Governance Dan Efektivitas Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan Dalam Pengelolaan Dana Desa

Ni Putu Yulia Paramitha, I Made Pradana Adiputra

Abstract


Riset ini bertujuan untuk memahami pengaruh whistleblowing system, good corporate governance dan efektivitas internal controls dalam mencegah kecurangan dalam pengelolaan dana desa. Observasi yang digunakan yaitu quantitative research dengan menggunakan data yang didapat dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah penyelenggara pemerintahan desa dengan total populasi 138 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik saturated sample dimana sampel merupakan sebuah karakteristik yang mewakili masyarakat dan dalam penelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah penyelenggara pemerintah desa yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara/Kaur Keuangan. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis regresi linear berganda menggunakan IMB SPSS ver. 25.0. Capaian dari riset ini memperlihatkan bahwa whistleblowing system, good corporate governance dan efektivitas pengendalian internal berdampak positif terhadap pencegahan kecurangan dalam pengelolaan dana desa.

 

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v11i2.25335

Article Metrics

Abstract view : 709 times
PDF file view : 751 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.