Reaksi Pasar Modal Indonesia Terhadap Peristiwa Aksi Demo Mahasiswa Tolak Revisi UU KPK Dan RKUHP 2019 Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Luh Ayu Rentini, Nyoman Trisna Herawati

Abstract


Penelitian event study ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui reaksi pasar modal terhadap peristiwa aksi demo mahasiswa tolak revisi undang-undang KPK dan RKUHP 2019. Variabel yang digunakan untuk mengukur reaksi pasar yaitu abnormal return, security return variability dan trading volume activity. Sampel dalam penelitian ini adalah saham LQ45 yang ditentukan dengan metode perposive sampling. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder dengan metode pengumpulan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama periode pengamatan 7 hari sebelum peristiwa, 7 hari saat peristiwa dan 7 hari setelah peristiwa. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji kruskal wallis test untuk melakukan uji beda. Hasil dari pengujian hipotesis yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa tidak terdapat terdapat perbedaan rata-rata abnormal return, security return variability dan trading volume activity sebelum, saat dan setelah peristiwa aksi demo mahasiswa tolak revisi undang-undang KPK dan RKUHP 2019.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v11i2.25354

Article Metrics

Abstract view : 342 times
PDF file view : 500 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.