Evaluasi Efektivitas Penerapan Sistem Pengendalian Internal Pengiriman Barang Sebagai Persiapan Menghadapi Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Di Singaraja, Bali)

Putu Ngurah Surya Widiantara, Edy Sujana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi efektivitas penerapan sistem pengendalian internal pengiriman barang sebagai persiapan menghadapi revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kuantitatif dengan data primer diperoleh dari penyebaran kuisioner. Metode yang digunakan dalam pengambilan pada penelitian ini adalah metode sensus. Jumlah sampel yang diambil adalah keseluruhan anggota perusahaan yang masing-masing terdiri dari 30 orang di Ninja Xpress Mini Station Singaraja, J&T Express Drop Point Singaraja, dan Kantor Pos Singaraja. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus indeks % skala likert 5 dan menggunakan mean sebagai acuan perbandingan dari ketiga perusahaan. Uji Validitas dan reliabilitas kusioner menggunakan SPSS dan Microsoft Office Excel. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan pengendalian internal pada ketiga perusahaan yang diuji berjalan sangat efektif, dengan Ninja Xpress Mini Station Singaraja yang memiliki nilai mean indeks % akhir tertinggi.  Hasil kesiapan menghadapi revolusi industri 4.0 pada ketiga perusahaan yang diuji memiliki kesiapan masing-masing di Level 3 (Perusahaan sudah melaksanakan transformasi ke industri 4.0) dengan Kantor Pos yang memiliki nilai mean indeks % akhir tertinggi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v11i2.25431

Article Metrics

Abstract view : 413 times
PDF file view : 388 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.