Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Kreativitas dan Modal Usaha Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM Milenial di Kecamatan Buleleng
DOI:
https://doi.org/10.23887/jimat.v11i2.25441Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pemanfaatan media sosial, kreativitas, dan modal usaha terhadap keberlanjutan bisnis Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) Milenial di Kecamatan Buleleng. Seluruh UMKM di Kecamatan Buleleng dipilih menjadi populasi penelitian, dan sampel yang digunakan sebanyak 73 responden. Data diuji melalui beberapa proses seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolonieritas. Untuk pengujian hipotesis, analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS Statistics 20 For Windows digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) pemanfaatan media sosial memiliki pengaruh yang positif terhadap keberlanjutan bisnis UMKM Milenial, (2) kreativitas berpengaruh positif terhadap keberlanjutan bisnis UMKM Milenial, dan (3) modal usaha berpengaruh positif terhadap keberlanjutan bisnis UMKM Milenial.