Pengaruh Literasi Keuangan, Locus Of Control Dan Budaya Konsumerisme Terhadap Perilaku Keuangan (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha)

Luh Putu Sunita Mahayani, Nyoman Trisna Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuii pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa, locus of control terhadap perilaku keuangan mahasiswa, dan budaya konsumerisme terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 246 mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha angkatan 2016 dan 2017. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesionerrsecara online menggunakan google form. Teknik sampel yang digunakan yaitu propotional random sampling. Data yang digunakan adalah data primer berupa jawaban responden dan diolah menggunakan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangannberpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan, locus of control berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan dan budaya konsumerisme berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap perilaku keuangan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v11i2.25596

Article Metrics

Abstract view : 455 times
PDF file view : 449 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.