Pengaruh Kompetensi Aparatur Pemerintah Desa, Efektivitas Kinerja Pendamping Lokal Desa Dan Keterlibatan Masyarakat Terhadap Pengoptimalan Pengelolaan Dana Desa

Dessy Aryani, Desak Nyoman Sri Werastuti

Abstract


Riset ini bermaksud untuk menyelisik pengaruh kompetensi aparatur pemerintah desa, efektivitas kinerja pendamping lokal desa dan keterlibatan masyarakat terhadap pengoptimalan pengelolaan dana desa di pemerintahan desa Kabupaten Buleleng. Variabel independen dalam riset ini ialah kompetensi aparatur pemerintah desa, efektivitas kinerja pendamping lokal desa dan keterlibatan masyarakat. Sedangkan variabel dependen dalam riset ini ialah pengoptimalan pengelolaan dana desa. Komunitas pada riset ini mencangkup semua kepala desa, bendahara desa, pendamping lokal desa dan pengurus BPD (Badan Permusyawaratan Masyarakat) sebagai perwakilan dari masyarakat desa yang turut serta mengelola dan mengawasi jalannya pengelolaan dana desa di Kabupaten Buleleng. Sampel riset menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu dimana terdapat 29 desa di Kabupaten Buleleng yang bermasalah dalam laporan realisasi taksiran dana desa periode I dan periode II sehingga dana desa tahap III terancam tidak dicairkan. Sistem penyelidikan data yang dipakai untuk memeriksa hipotesis yaitu regresi linear berganda. Hasil riset ini menunjukkan bahwa kompetensi aparatur pemerintah desa berpengaruh terhadap pengoptimalan pengelolaan dana desa, efektivitas kinerja pendamping lokal desa berpengaruh terhadap pengoptimalan pengelolaan dana desa dan keterlibatan masyarakat berpengaruh terhadap pengoptialan pengelolaan dana desa.

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v11i2.25639

Article Metrics

Abstract view : 444 times
PDF file view : 486 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.