Pengaruh Literasi Keuangan, Akses Permodalan dan Minat Menggunakan E-commerce terhadap Kinerja UMKM di Kecamatan Buleleng

Kadek Agus Suardana, Lucy Sri Musmini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, akses permodalan dan minat menggunakan e-commerce terhadap kinerja UMKM di Kecamatan Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelaku usaha UMKM di Kecamatan buleleng yaitu sebanyak 297 dan sampel pada penelitian ini adalah sejumlah 170 responden dengan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan probably sampling. Pada penelitian ini, data yang digunakan merupakan data primer yang merupakan kuesioner yang disebarkan pada responden melalui Google Form dan diukur dengan menggunakan skala likert. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS Versi 20.0. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Literasi keuangan berpengaruh  positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, (2) Akses permodalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM dan (3) Minat Menggunakan E-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM.

 

Kata Kunci : Literasi Keuangan, Akses Permodalan, Minat menggunakan E-commerce dan Kinerja    UMKM


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v11i2.25918

Article Metrics

Abstract view : 924 times
PDF file view : 1181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.