Reaksi Pasar Modal Atas Pergantian Menteri BUMN Periode ke-9 Kabinet Republik Indonesia (Event Study Pada Indeks Kompas 100 Tahun 2019)

Angga Putra Kesawa, I Nyoman Putrayasa

Abstract


 

Pasar modal bisa dipengaruhi oleh lingkungan politik yang dapat diketahui dari timbulnya abnormal return yang berbeda secara signifikan saat sebelum serta setelah terjadinya kejadian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis perbedaan rerata abnormal return terhadap saham perusahaan indeks Kompas 100 sebelum serta setelah penyampaian Kabinet Kerja BUMN periode ke-9 Tahun 2019. Purposive judgement sampling digunakan sebagai teknik penelitian ini dengan menyesuaikan kriteria tertentu sehingga memperoleh 72 sampel. Penelitian ini memakai data pendukung dari situs resmi Bursa Efek Indonesia dengan periode jendela 5 hari. Teknik analisis yang dipakai yakni uji beda (t-test) berupa paired sample t-test yang dipakai dalam membedakan jarak dua mean dari dua sampel berpasangan dengan asumsi data terdistribusi normal. Hasil penelitian mengindikasikan adanya perbedaan rerata abnormal return sebelum dan setelah terjadinya peristiwa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v11i2.25934

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF file view : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.