Pengaruh Persepsi Kebermanfataan, Kemudahan Penggunaan, Risiko dan Pengetahuan Nasabah Terhadap Penggunaan E-Banking Pada UMKM Di Kabupaten Buleleng

Authors

  • Ni Komang Arya Ningsih
  • I Putu Gede Diatmika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v12i1.29033

Keywords:

E-banking, Usefulness, Ease, Knowledge and Risk

Abstract

E-banking is an example of banking information technology that can provide various benefits for MSME players. But in fact the use of E-banking by UMKMs players is still low. This study aims to determine the effect of perceived usefulness, perceived ease of use, risk perception and customer knowledge on the use of E-banking at UMKMs in Buleleng Regency. This research uses quantitative methods using primary data types. The sample collection method used is probability sampling method, which is done by using stratified random sampling technique. The number of samples obtained using the Solvin formula is 100 people. Analysis of the data used in this study, namely: descriptive statistical analysis, research instrument test, classical assumption test, and hypothesis testing. The results of this study indicate that: 1) perceived usefulness has a significant positive effect on the use of E-banking, 2) perceived ease of use has a significant positive effect on the use of E-banking, 3) perceived risk has a significant negative effect on the use of E-banking, and 4) knowledge customers have a significant positive effect on the use of E-banking.

References

Dewi, Ni Luh Putu Eka Puspa. 2017. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Skripsi Universitas Pendidikan Ganesha.

Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Fachruddin, Rudi dan Fadhli Muhammad. 2016. Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko, Kepercayaan, Manfaat, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking (Studi Empiris Pada Nasabah Bank Umum di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA) Vol. 1, No. 2,

(2016) Halaman 264-276.

Fakhrurozi, Akhmad. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Mobile Banking Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fatmawati, Endang. 2015. Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra’ Volume 09 No.01.

Fitri, Fadhilatul. 2016. Pengaruh Pengetahuan Nasabah, Teknologi Informasi, Kepercayaan Dan Mutu E-Banking Terhadap Minat Bertransaksi Online (Studi Kasus Nasabah BNI Syariah Medan). Skripsi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Nisa, Azizah Khoirun. 2018. Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, Dan Kemudahan Penggunaan E-Banking Terhadap Minat Bertransaksi Ulang Secara Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BNI Syariah KC Tanjungkarang). Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Oktabriantono, Adi Prasetya. 2017. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Keamanan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Penggunaan E-banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Skripsi Universitas Pendidikan Ganesha.

Rizky, Nina. 2019. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Pengetahuan Terhadap Minat Menggunakan E-banking Dalam Bertransaksi Pada UMKM Di Kecamatan Buleleng. Skripsi Universitas Pendidikan Ganesha.

Saputri, Linda. 2018. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Fasilitas Electronic Banking Bank Syariah Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang). Skripsi IAIN Salatiga.

Downloads

Published

2021-05-06

Issue

Section

Articles