Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Gcg, Dan Keberadaan Awig-Awig Terhadap Kinerja Lembaga Perkreditan Desa Dengan Tri Hita Karana Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Lpd Di Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana

Komang Widi Adnyani, I Putu Julianto

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengendalian internal, good corporate governance, dan awig-awig terhadap kinerja LPD dengan tri hita karana sebagai variabel moderasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan LPD di Kecamatan Mendoyo yang berjumlah 123 orang sedangkan untuk sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 48 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji MRA, dan uji koefisien determinasi (R square) dengan bantuan SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) sistem pengendalian internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi pada LPD di Kecamatan Mendoyo, (2) good corporate governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi pada LPD di Kecamatan Mendoyo, (3) keberadaan awig-awig berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi pada LPD di Kecamatan Mendoyo, (4) keberadaan tri hita karana sebagai pemoderasi mempengaruhi sistem pengendalian internal terhadap kinerja organisasi pada LPD di Kecamatan Mendoyo, (5) keberadaan tri hita karana sebagai pemoderasi mempengaruhi good corporate governance terhadap kinerja organisasi pada LPD di Kecamatan Mendoyo, dan (6) tri hita karana sebagai pemoderasi mempengaruhi keberadaan awig-awig terhadap kinerja organisasi pada LPD di Kecamatan Mendoyo.

 


Keywords


internal control system, good corporate governance, awig-awig, LPD performance, tri hita karana.

Full Text:

PDF

References


Atmadja, A. T., Darmawan, N. A. S. dan Saputra, K. A. 2014. Pengaruh Implementasi Good Corporate Governance dan proteksi Awig-Awig terhadap Kinerja Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dengan Budaya Menyama Braya sebagai Variabel Moderasi. www.multiparadigma.lecture.ub.ac.id. (diunduh tanggal 18 Juni 2020).

Azlina, Nur dan Amelia, Ira. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Pemerintahan Kabupaten Pelalawan. Jurnal Akuntansi Universitas Jember. Vol. 12 No. 2.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. 2019. Data Tingkat Klasifikasi Kesehatan LPD Kabupaten Jembrana. Singaraja.

Jayantari, Putu Rima dan Gorda, A. A. N. Eddy Supriyadinata. 2020. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Dan Keberadaan Awig-Awig Terhadap Kinerja Keuangan Lembaga Perkreditan Desa Dengan Budaya Tri Hita Karana Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Penelitan Dan Pengembangan Sains Dan Humanjara, Vol 4(1), h.60-70.

Mulyawan, I P., Wirama, D. G., Badera, I. D. N. 2017. Budaya Tri Hita Karana Sebagai Pemoderasi Pengaruh Prinsip Good Corporate Governance pada Kinerja Lembaga Perkreditan Desa di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 8, 3193–3222.

Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 3 Tahun 2007 tentang perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 8 Tahun 2002 tentang Lembaga Perkreditan Desa

Peraturan Gebenur Bali Nomor 11 Tahun 2013 tentang Lembaga Pengkreditan Desa.

Radar Bali. 2018. Parah, Dua LPD di Negara Bermasalah, Satu Mengarah ke Korupsi. Tersedia pada https://radarbali.jawapos.com/read/2018/11/17/104087/parah-dua-lpd-di-negara-bermasalah-satu-mengarah-ke-korupsi (diakses pada tanggal 25 Desember 2019).

Saputri, Mimin. 2019. Pengaruh Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance, Pengendalian Internal, Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Magelang). Skripsi Universitas Muhammadiyah Magelang.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suparsabawa, I Nyoman Raditya dan Kustina, Ketut Tanti. 2018. Pengaruh penerapan good corporate governance dan budaya tri hita karana terhadap kinerja manajerial lembaga perkreditan desa (LPD). Jurnal Riset Akuntansi UNDIKNAS. Vol.08, No. 1.

Wiguna, Putu Adhitiya Hari. 2016. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Pengendalian Internal, Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi Pada PDAM Kabupaten Buleleng Dengan Modeasi Budaya Tri Hita Karana Sebagai Dimensi Budaya. E-journal S1 Ak universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 6, No: 4.

Yuliantari, Ida Putu Pande, dkk. 2020. Tri Hita Karana As A Moderating Of Good Corporate Governance And Crossed Credits In Financial Performance Of Rural Credit Institution Of Gianyar District. E-journal DOI:10.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v12i2.29263

Article Metrics

Abstract view : 398 times
PDF file view : 282 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.