PENGARUH PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (SAP), PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN (STUDI PADA 15 DINAS KABUPATEN BADUNG)

Authors

  • Putu Diah Lestari .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.2949

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen-elemen dalam laporan keuangan yang dapat mempengaruhi penyajian laporan keuangan daerah. Penyajian laporan keuangan tersebut meliputi laporan realisasi anggaran, neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Responden yang diambil dalam penelitian ini kepala dinas dan pegawai bagian keuangan di 15 dinas Kabupaten Badung. Total kuesioner yang disebarkan sebanyak 120 buah. Di setiap dinas disebarkan 8 buah kuesioner. Kuesioner yang kembali sebanyak 120 buah dan dimasukkan dalam pengolahan data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini program SPSS versi 19.0. Metode statistik untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian parsial dan simultan dari penelitian ini adalah pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), pendidikan dan pelatihan berpengaruh secara signifikan terhadap penyajian laporan keuangan di 15 dinas Kabupaten Badung.
Kata Kunci : SAP, Pendidikan, Pelatihan, Laporan keuangan

This study aims to determine the elements in the financial statements that may influence local financial statement presentation. The presentations of these financial statements include the budget realization report, balance sheet, cash flow statement and notes to the financial statements. Respondents were drawn in this study department heads and employees of the finance department in 15 offices Badung regency. Total of 120 questionnaires were distributed. In every department distributed 8 questionnaires. Questionnaires were returned as many as 120 pieces and put in data processing. Analysis of the data used in this study SPSS version 19.0. Statistical methods for testing statistical hypothesis test are a multiple linear regression analysis. Resuls of testing partial and simultaneous hypothesis of this study is the understanding of the Government Accounting Standards (GAS), education and training significantly affect the financial statements at 15 offices Badung regency.
keyword : GAS, Education, training, financial statements

Published

2014-05-17

Issue

Section

Articles