PENGARUH PENERAPAN E-COMMERCE, ENDORSER CREDIBILITY, DAN BRAND EQUITY TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM KABUPATEN BULELENG)

Authors

  • I Nyoman Citra Sagita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Aristia Prayudi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v12i2.29613

Keywords:

penerapan e-commerce, endorser credibility, brand equity, volume penjualan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan e-commerce, endorser credibility, dan brand equity terhadap volume penjualan pada UMKM di Kabupaten Buleleng. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana pengolahan datanya dilakukan secara statistik. Penelitian ini dilakukan pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Buleleng yang populasi adalah seluruh UMKM di Kabupaten Buleleng dengan jumlah pupolasi infinite atau tak terbatas. Dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini memiliki kriteria sampel yaitu telah menggunakan berbagai platform e-commerce, dan merupakan jenis usaha mikro, kecil, dan menengah. Sampel penelitian ini sejumlah 80 responden. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuisioner yang kemudian diolah dengan uji analisis linear berganda menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan e-commerce, endorser credibility, dan brand equity secara parsial atau individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada UMKM di Kabupaten Buleleng.

Author Biography

I Nyoman Citra Sagita, Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi dan Akuntansi Prodi Akuntansi S1

References

Aaker, David A. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Terjemahan oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.

Awamirillah, Qiyqiy Fithri. 2019. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Bris Online Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Volume Penjualan Dalam Praktik Wirausaha Syariah Jurusan Perbankan Syariah Tahun 2018. Skripsi Institut Islam Negeri Ponorogo.

Bali Antaranews. 2019. Berita tentang pekan hiburan raktya singaraja dan ajang promosi UMKM. Diambil dari https://www.bali.antaranews.com/tag/ajang_promosi_e-commerce. Diakses pada 28 Maret 2020.

Cristina, Ekel Valeriana. 2017. Pengaruh Brand Equity Terhadap Minat Beli Produk Starbucks. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Liputan 6. 2016. Berita tentang e-commerce terkini dan terlengkap. Diambil dari https://m.liputan6.com. diakses pada 28 Maret 2020.

Maya, Siska. 2016. Strategi Peningkatan Penjualan Usaha Kecil Menegah Melalui E-Commerce Studi Kasus: Mitra Ukm Perusahaan X. Jurnal Desain Komunikasi Visual Universitas Indraprasta PGRI.

Mirabi, V. R., & Lajevardi, M. 2016. A Conceptual Model In Marketing: Celebrity Endorsement, Brand Credibility And Brand Equity. Journal Of Marketing And Consumer Research, 38-43.

Pontoh, Yusan Gamaro. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser (Pevita Pearce) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Garnier Bb Cream Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung. Skripsi Manajemen Universitas Lampung.

Rainer, R.K.,& Cegielski, C.G.,2011. Introduction to Information Systems: Supporting and Transforming Business (3rded.). United States: John Wiley & Sons. 55-63.

Rohmawati, Siti Nur Laily. 2019. Pengaruh Endorser Credibility Terhadap Brand Equity Dengan Brand Credibility Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Shopee Solo Raya). Skripsi Institut Agama Islam Negri Surakarta.

Sa’ad, Walia Nabila. 2017. Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Sentra Industri Keripik Pisang Bandarlampung Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Sentra Industri Keripik Pisang Di Kota Bandarlampung). Skripsi Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Intan Lampung.

Sasmita, R. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pasa Nasabah PT.Asiransi Jiwasraya (PERSERO) Malang Regional Office).Jurnal Administrasi Bisnis. Vol: 6(1).

Siregar, Richardy Affan Sojuangon, et al. 2010. Analisis Transaksi Jual-Beli Online (Peer To Peer) Pada E-Commerce Berdasarkan Hukum Syariah. Journal of Islamic Economics Lariba, Vol. 3, 22 Juni 2017

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar (cet. 4). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wulandari, Sri Ayu. 2017. Pengaruh Penggunaan Endorsement Terhadap Omzet Penjualan Usaha Online Shop Di Palangka Raya. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.

Downloads

Published

2021-09-02

Issue

Section

Articles