PENGARUH PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Authors

  • Ni Luh Putu Arin Astiari .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .
  • Nyoman Ari Surya Darmawan, S.E., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.2966

Abstract

Pentingnya pengungkapan laporan pertanggungjawaban sosial perusahaan dalam laporan tahunan perusahaan secara tidak langsung dapat mempengaruhi tingginya nilai perusahaan. Profitabilitas yang dalam penelitian ini diproksikan dengan ROA merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bersih dari aktivitas yang dilakukan pada periode akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertanggungjawaban sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan dan pengaruh pertanggungjawaban sosial perusahaan perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012 dan sampel sebanyak 54 perusahaan yang memiliki data terkait variabel-variabel yang digunakan. Analisis data menggunakan regresi dengan bantuan software SPSS V19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pertanggungjawaban sosial perusahaan dapat mempengaruhi nilai perusahaan, (2) profitabilitas tidak mempengaruhi hubungan antara pertanggungjawaban sosial perusahaan dengan nilai perusahaan.
Kata Kunci : Pertanggungjawaban sosial perusahaan, nilai perusahaan, profitabilitas

It was very important to reveal the social accountability of the company in the annual report indirectly would affect of the company value. Profitability in this study was projected with the ROA which was the company capability to produce net profit from the activities on the accountancy period. This study aim to find out the effect of the social accountability to the company value and the effect of the social accountability to the company value with profitability as moderating variables. The population of the study consisted of all manufacturers company listed in the Indonesian Stock Exchanges in 2012 and there were only 54 companies determined as the samples which has got the data related to the variables used. The analysis was made by using regresion supported by SPSS V.19 program. The result indicated that (1) the social accountability could affect the company value, (2) the profitability could not affect the relation between the social accountability with the company value.
keyword : social accountability of the company, company value, profitability

Published

2014-06-05

Issue

Section

Articles