PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL, PENGALAMAN KERJA, TINGKAT KUALIFIKASI PROFESI DAN ETIKA PROFESI TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi kasus pada Inspektorat di Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Gianyar)

Authors

  • Putu Gede Jurnaedi .
  • Lucy Sri Musmini,SE,AK, M.Si. .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.3421

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan formal, pengalaman kerja, tingkat kualifikasi profesi dan etika profesi terhadap kualitas audit yang dilakukan auditor di Inspektorat Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Gianyar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 responden yang dipilih dengan cara Purposive Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari responden melalui penyebaran kuesioner. Pengujian data dilakukan dengan cara uji validitas, uji reliabilitas dan pengujian hipotesi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan persamaan regresi linier berganda antara variabel independen dan variabel dependen, baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) tingkat pendidikan formal berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas audit, (2) pengalaman kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas audit, (3) tingkat kualifikasi profesi berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas audit, (4) etika profesi berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas audit, (5) tingkat pendidikan formal, pengalaman kerja, tingkat kualifikasi profesi dan etika profesi secara simultan berpengaruh terhadap kualitas audit.
Kata Kunci : tingkat pendidikan formal, pengalaman kerja, tingkat kualifikasi profesi, etika profesi, kualitas audit.

This study was conducted in order to find out the effect of formal level of education,working experiences, professional qualification level, and professional ethics on the auditing quality made by the auditors in the inspectorate office in Klungkung and Gianyar regencies. There were about 34 respondents as the samples of the studyselected based on purposive sampling technique. The primary data used in this study obtained by using questionnaires. The test of the data was made by measuring validity, reliability and hypothesis testing. And the analysis was conducted by using multiple linear regressions between dependent and independent variables both simultaneously and partially. The results of the study indicated that (1)formal level of education had a significant effect onthe auditing quality, (2) working experienceshad a significant effect onthe auditing quality, (3) professional qualification levelhad a significant effect onthe auditing quality, and (4) professional ethicshad a significant effect onthe auditing quality, (5) formal level of education,working experiences, professional qualification level, and professional simultaneously effected the auditing quality.
keyword : formal level of education,working experiences, professional qualification level, and professional ethics, the auditing quality.

Published

2014-07-15

Issue

Section

Articles