PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2012)

Authors

  • Evi Deliana Prastiwi .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .
  • Nyoman Ari Surya Darmawan, S.E., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.3422

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor finansial perusahaan yang terdiri dari profitabilitas dan likuiditas terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI selama periode 2008-2012. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian adalah 9 perusahaan dengan pengamatan selama lima tahun, sehingga sampel yang terpilih sebanyak 45 observasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan auditan, annual report yang diperoleh dari situs homepage Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id dan www.sahamok.com.Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas (ROA) dan likuiditas (CR) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI selama periode 2008-2012.
Kata Kunci : Profitabilitas, likuiditas, dan ketepatan waktu pelaporan keuangan.

The study aimed to find out the factors of company financial consisting of profitability and liquidity on the timeliness of financial report on the LQ45 companies listed in the Indonesian Stock Exchange (BEI) during the periode of 2008-2012. The samples were selected based on purposive sampling technique. To the total number of 9 different companies with a five years observation time, so the samples would be totally 45 observations. The study used a secondary data in the forms of financial reports audits , annual report collected from the homepage site of Indonesian Stock Exchange (BEI), such as www.idx.co.id and www.sahamok.com. The hypothesis was tested by using logistic regression. The results indicated that profitability (ROA) and liquidity (CR) did not have significant effect on timeliness of financial reporting of LQ45 companies listed in the Indonesian Stock Exchange for 2008-2012.
keyword : Profitability (ROA), liquidity (CR), and timeliness of financial report.

Published

2014-07-15

Issue

Section

Articles