PENGARUH KEAHLIAN AUDIT, KONFLIK PERAN DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP AUDIT JUDGMENT (Studi Kasus pada Inspektorat Pemerintah Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Bangli)

Authors

  • I Made Angga Parama Artha .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • Nyoman Ari Surya Darmawan, S.E., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.3431

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keahlian audit, konflik peran dan kompleksitas tugas terhadap audit judgment. Penelitian ini merupakan penelitian kausal, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor internal pemerintah yang bekerja Inspektorat Pemerintah Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Bangli, sebanyak 41 orang (17 orang dari Inspektorat Kabupaten Gianyar dan 24 orang dari Inspektorat Kabupaten Bangli). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh sebanyak 41 responden. Jenis data penelitian adalah data primer. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Dari 41 kuesioner yang telah disebar, jumlah kuesioner yang kembali sebanyak 36 kuesioner dan dari seluruh kuesioner yang kembali dapat dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) Uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas; (2) Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterosketastisitas, dan uji autokorelasi, (3) analisis regresi yang terdiri dari analisis koefisien determinasi (R2) dan analisis regresi berganda; serta (4) Pengujian hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F didukung dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keahlian audit (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan dan berkorelasi positif terhadap audit judgment di Inspektorat Pemerintah Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Bangli; (2) Konflik Peran (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan dan berkorelasi negatif terhadap audit judgment di Inspektorat Pemerintah Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Bangli; (3) Kompeksitas tugas (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan dan berkorelasi negatif terhadap audit judgment di Inspektorat Pemerintah Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Bangli; dan (4) Keahlian audit, konflik peran dan kompleksitas tugas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap audit judgment di Inspektorat Pemerintah Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Bangli.
Kata Kunci : Keahlian Audit, Konflik Peran, Kompleksitas Tugas, Audit Judgment

The study aimed at finding out the effect of auditing expertise, the role of conflict and job complexity on the audit judgment. It was a causal research design using qualitative approach. The population involved all the government internal auditors working under the government office in Bangli and Gianyar Regency, consisting of 41 respondents (17 from Inspectorate office in Gianyar regency and 24 from Inspectorate office in Bangli regency). The sample were determined by using saturated sampling for about 41 respondents. The data used was a primary data. The data were collected by using questionnaire. From 41 questionnaire distributed, 36 of them were returned and analyzed. The data were analyzed by using (1) data quality testing, consisted of reliability and validity test, (2) classical assumption testing, consisted of testing the normality, heterosketastitics, and autocorrelation test, (3) regression analysis consisted of determination coefficient analysis (R’) and multiple regression analysis; as well as (4) hypothesis testing consisted of t-test, and F-test supported by SPSS program. The results indicated that (1) Auditing expertise (X1) had significant effect and positive correlation towards auditing judgment at the Inspectorate Office in Gianyar regency and Bangli regency, (2) the role of conflict (X2) had significant effect and negative correlation towards auditing judgment at the Inspectorate Office in Gianyar regency and Bangli regency (3) job complexity (X3) had significant effect and negative correlation towards auditing judgment at the Inspectorate Office in Gianyar regency and Bangli regency, and (4) auditing expertise, the role of conflict and job complexity had simultaneous significant effect towards the audit judgment at the Inspectorate Office in Gianyar regency and Bangli regency
keyword : Auditing Expertise, The Role Of Conflict, Job Complexity, Audit Judgment

Published

2014-07-15

Issue

Section

Articles