ANALISIS KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PDAM KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Putu Youdhitia Saraswati .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.3437

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PDAM Kabupaten Buleleng dengan menggunakan Balanced Scorecard dan memberikan sebuah alternatif sistem penilaian kinerja yang dapat memberikan pemahaman manajemen tentang kinerja perusahaan secara tepat dan menyeluruh serta dapat diimplementasikan pada PDAM Kabupaten Buleleng. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara, kuisioner, dan metode dokumentasi. Metode penentuan sampel yaitu purposive sampling dan convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dengan mengukur masing-masing perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal bisnis, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PDAM Kabupaten Buleleng secara keseluruhan sudah cukup baik, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Scorecard masing-masing perspektif. Saran yang diajukan kepada manajemen PDAM dan peneliti selanjutnya adalah manajemen hendaknya mulai mempertimbangkan aspek kinerja non keuangan dan peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian pada perusahaan yang berbeda seperti misalnya pada perusahaan swasta.
Kata Kunci : Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Bisnis Internal, dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan

This study aims to investigate the performance of PDAM Buleleng using the Balanced Scorecard and provide an alternative performance assessment system that can provide an understanding of the management of the company's performance accurately and thoroughly, and can be implemented on PDAM Buleleng. The type of data used is quantitative and qualitative data. Methods of data collection in this research is to conduct an interview, questionnaires, and methods of documentation. Sampling method is purposive sampling and convenience sampling. The data analysis technique used is the qualitative analysis and quantitative analysis to measure each perspective the financial perspective, customer perspective, internal business processes, and learning and growth perspective. The results showed that the performance of PDAM Buleleng Regency overall is quite good, it is shown by the scorecards from each perspective. The suggestions put forward to PDAM management and further research are management should begin to consider the non-financial aspects of performance and Researchers further advised to do some research on different companies such as private companies.
keyword : Balanced Scorecard, Financial Perspective, Customer Perspective, Internal Business Processes, and Learning and Growth Perspective

Published

2014-07-15

Issue

Section

Articles