Pengaruh Pemahaman Teknologi Informasi, Pendapatan, dan Biaya Terhadap Penggunaan Platform Marketplace Shopee (Studi Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Buleleng)

Authors

  • Ni Ketut Nadia Kaswarina Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Pradana Adiputra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v12i3.34446

Keywords:

Information Technology Knowledge, Income, Costs, Actual System Use

Abstract

This study aims to determine the effect of information technology knowledge, income, and costs of the Shopee marketplace platform. This study is quantitative study with 156 respondents of micro SMEs in Buleleng Regency who use Shopee for online sales. The data obtained by distributing questionnaires using the Google Form service. The criteria for the selected samples were using the purposive sampling technique then calculated by the Slovin formula. The data of this study are the form of respondents’ answers as the primary data then processed using SPSS version 20. The results achieved the goals of this study in which the information technology knowledge, income, and costs have positives and significant effects on the use of the Shopee marketplace platform.

 

References

Almai, Hafidz. 2020. Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM (Studi Pada UMKM Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI Kota Serang. Skripsi (diterbitkan). Jurusan Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten.

Badan Pusat Statistik, 2019. Statistik E-commerce 2019.

Bank Indonesia. 2019. “Langkah Nyata BI dalam Mendorong Pertumbuhan Nasional”. Bicara Edisi 77 (hlm. 20-22).

Bank Indonesia, 2020. Laporan Perekonomian Provinsi Bali November 2020

Davis, Fred D, dkk. 1989. “User Acceptance of Computer Technology: A Comparisond of Two Theoritical Models”. Management Science. Vol. 35 No. 8 pp. 982-1003.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanum, Ayu Noviani dan Andwiani Sinarasri (2017). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus UMKM di Wilayah Kota Semarang). Maksimum, Vol 1. No. 1

Hemalia dan Afrinawati. 2018. “Pengaruh E-commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang”. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), Vol. 3 (2) (hlm. 237-246)

Iskandar. 2016. “Indonesia Jadi Raja E-Commerce di ASEAN”. Tersedia pada http://m.liputan6.com/tekno/read/2498234/indonesia-jadi-raja-e-commerce-di-asean (diakses tanggal 20 Desember 2020).

IPrice, 2020. “Statistik Kunjungan E-Commerce”. Tersedia pada Iprice.co.id (diakses tanggal 22 Desember 2022).

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi

Laraswati, Rizka. 2016. Pengaruh Persepsi Resiko, Kenyamanan, Biaya, dan Kepercayaan Serta Keunggulan Relatif Terhadap Penggunaan Mobile Banking Bagi Nasabah Bank Mandiri di Surabaya. Skripsi (diterbitkan)

Jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas. Surabaya.

Lee, Y., Kozar, K.A, dan Lansenm K.R.T. 2003. “The Technology Acceptance Model: Past, Present, and Future”. Communications of the Association for Information Systems. (12:50) pp 752-780

Nurhidayanti, Fany. 2019. Pengaruh Pemahaman Teknologi Informasi, Latar Belakang Pendidikan Pemilik, Umur Usaha, dan Persepsi Kemudahan UMKM terhadap Implementasi SAK-EMKM Pada UMKM di Kecamatan Kramat Kab. Tegal. Skripsi (diterbitkan). Program Studi Akuntansi, Universitas Pancasakti Tegal.

Safrianti, Tesa Nurul. 2020. Pengaruh Transaksi Online (E-commerce), Modal, dan Lama Usaha Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kabupaten Tegal. Skripsi (diterbitkan). Program Studi Akuntansi, Universitas Pancasakti Tegal.

Sa’ad, Walia Nabila. 2017. Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Sentra Industri Keripik Pisang Bandarlampung Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Sentra Industri Keripik Pisang di Kota Bandarlampung). Skripsi (diterbitkan). Jurusan Ilmu Ekonomi, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Saraswati, Putu Diah Sintha. 2020. Determinan Minat Penggunaan E-Wallet OVO Pada Transportasi Grab. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Ekonomi dan Akuntansi, Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Susfayetti, dkk. 2018. “Pengaruh Pemahaman Teknologi Informasi, Kualitas Pendidikan, Lama Usaha, dan Ukuran Usaha Terhadap Penerapan SAK ETAP pada Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Pada UMKM di Kota Jambi)”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Unja, Vol. 3 (2) (hlm.17-24).

Widiantari, Enggar. 2018. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kredibilitas, Persepsi Resiko, dan Persepsi Biaya Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking bank BRI Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Musi Rawas di Yogyakarta). Skripsi (diterbitkan). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Yulianti, Rosita. 2019. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Manfaat, Ketersediaan Fitur, Biaya, dan Risiko Terhadap Penggunaan Mobile Banking di BNI Syariah KC Surakarta. Skripsi (diterbitkan). Jurusan Perbankan Syariah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Downloads

Published

2021-12-02

Issue

Section

Articles