Pengaruh Faktor Psikologis Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Melakukan Pinjaman Online Melalui Peer-To-Peer Lending Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2017 Universitas Pendidikan Ganesha)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jimat.v12i3.34773Keywords:
Psychological Factors, Information Quality, Peer-to-peer LendingAbstract
The purpose of this research was to determine the partially effect of psychological factors, namely perceived ease, perceived trustworthiness, perceived risk, and quality of information on the decision to make online loans through peer-to-peer lending during the Covid-19 pandemic. This research uses quantitative methods. This research is a correlational study which aims to determine whether there is a relationship between the variables involved in an object or subject under study. The sampling technique was carried out by using proportional purposive sampling. Data obtained through questionnaires distributed via google form to 340 respondents with the criteria of Ganesha University of Education active students who borrow through peer-to-peer lending and earn income regularly every month. The data obtained were then tested and analyzed using the data quality test method, classical assumption test, and multiple linear regression test. The results showed that all independent variables, namely perceived ease, perceived trustworthiness, perceived risk, and quality of information partially had a positive and significant effect on the decision to make online loans through peer-to-peer lending during the Covid-19 pandemic.
References
Adhinagari, Anissa Haibah. 2018. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Persepsi Risiko terhadap Persepsi Penggunaan E-Money. Dalam Skripsi. Universitas Islam Indonesia.
Bahari, Andi Faisal dan Muhammad Ashoer. 2018. Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Dalam Jurnal Manajemen, Ide, dan Inspirasi (MINDS), Vol 5, No 1. Universitas Muslim Indonesia Makassar.
Budiartha, I Ketut, N. M. S. R. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). Dalam E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 5.1, No 1. Universitas Udayana.
Fadhali, Alfi Fauziyah. 2019. Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Sikap dan Minat Beli Secara Daring (Studi Pada Situs Shopee di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Dalam Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fadzar, Aldilla Nur, dkk. 2020. Pengaruh Pengetahuan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech Lending Syariah. Dalam Jurnal Prosiding Keuangan dan Perbankan Syariah, Vol 6, No 2. Universitas Islam Bandung.
Fahlevi, Pahri dan Anthanasia Octaviani Puspita Dewi. 2019. Analisis Aplikasi Ijateng Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM). Dalam Jurnal Ilmu Perpustakaan, Volume 8, No 2. Universitas Diponegoro.
Istiqomah, dkk. 2019. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Iklan dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian di situs Shopee di Kota Lumajang. Dalam Jurnal Transformation of Accounting & Business in Era Revolution Industri 4.0. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Guna Lumajang.
Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta: Andi.
Kurniawan, Taufan Adi, dkk. 2019. Pengaruh Keberterimaan Layanan Peer To Peer Lending Kepada Umkm Sebagai Pengguna Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Dalam Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora, Vol 5, No 2. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Mayangsari, Joharmanik Diajeng. 2020. Pengaruh Kualitas Infromasi Terhadap Persepsi Pengguna Atas Akurasi Informasi Fintech M-Payment. Dalam Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Nabilah, S. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan, Risiko, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Konsumen Dalam Pinjaman Online Melalui Peer-To-Peer (P2P) Lending (Studi Pada Masyarakat Kota Palembang). Dalam Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Padhilia, Aprila. 2020. Analisis Minat Perilaku Penggunaan Aplikasi Peer To Peer Lending Melalui Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Dalam Skripsi. Universitas Bangka Belitung.
Putra, Yenski Pratama Bastiana. 2019. Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan, dan Kualitas Inforasi Terhadap Keputusan Transaksi Kredit Online dengan Aplikasi Kredivo (Survey Terhadap Pelanggan Aplikasi Kredit Online Kredivo di Yogyakarta). Dalam Skripsi. Universitas Pendidikan Negeri Veteran Yogyakarta.
Rachmawati, Ike Kusdyah, dkk. 2017. Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Pelanggan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online. Dalam Seminar Nasional Sistem Informasi. Universitas Merdeka Malang.
Rahardian, Dimas Aditya. 2017. Hubungan Antara Persepsi Diri Terhadap Pengambilam Keputusan dalam Menentukan Tujuan Studi. Dalam Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rakhmadian, Miftah, dkk. 2017. Analisis Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Akademik Dosen. Dalam Seminar Nasional Sistem Informasi. Universitas Merdeka Malang.
Reporter Kompas. 2020. Mengenal Lagi Virus Corona Mulai dari Ciri-ciri, Bentuk, Hingga Penyebaranya. Dalam https://kesehatan.kontan.co.id/news/mengenal-lagi-virus-corona-mulai-ciri-ciri-bentuk-hingga-penyebarannya?page=all, diakses pada 3 Oktober 2020.
Rizal, Jawahir Gustav. 2020. Pandemi Covid-19, Apa Saja Dampak pada Sektor Ketenagakerjaan Indonesia?. Dalam https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/11/102500165/pandemi-covid-19-apa-saja-dampak-pada-sektor-ketenagakerjaan-indonesia-?page=all, diakses pada 3 Oktober 2020.
Schiffman, Leon G dan Leslie Kanuk. 2000. Consumer Behavior (7th edition). United State of America.
S.K, Purwanto dan Suharno Pawirosumarto. 2017. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Penggunaan Sistem E-Learning di Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana. Dalam Jurnal Manajemen, Vol 21, No 2. Universitas Mercu Buana.
Suhendro, Dedi. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan dan Ekspektasi Kinerja Terhadap Kepuasan Pengguna Dalam Penerapan Sistem Teknologi Informasi pada Koperasi di Kota Pematangsiantar. Dalam Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika, Vol 1, No 1. AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar.
Syahriani, Nuri 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Masyarakat Untuk Menggunakan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Dalam Tugas Akhir Vokasi. Universitas Airlangga.
Tulodo, Bernadeta Asri Rejeki dan Achmad Solichin. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.). Dalam Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol 10, No 1. Universitas Budi Luhur.
Vrensia, Mirtha. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kemudahan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Melalui Media Sosial Instagram (Survey Pada Konsumen Online Shop Gordencantikku. Dalam Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Widiastuti, Anik. 2011. Jenis-jenis Penelitian. Dalam http://staffnew.uny.ac.id/upload/198411182008122004/pendidikan/PENELITIAN+2+JENIS+PENELITIAN.pdf, diakses pada 26 Maret 2021.
Wijayanti, dkk. 2016. Pengaruh Jenis Kelamin, IPK, dan Semester Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 09, No 1. Universitas Negeri Malang.
Wildan, Muhammad. 2019. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (FINTECH). Dalam Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Yuniarti, Veronica. 2019. Faktor – Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Financial Technology Peer to Peer Lending. Dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol 8, No 1. Universitas Brawijaya.
________. 2020. Kerugian Akibat Fintech Lending Ilegal Capai Rp 92 Triliun. Dalam https://www.indotelko.com/read/1594848002/kerugian-fintech, diakses pada 2 April 2021.