PENGUKURAN KINERJA DENGAN KONSEP BALANCED SCORECARD PADA RUMAH SAKIT UMUM PARAMA SIDHI SINGARAJA

Authors

  • Gede Menari Yasa
  • I Wayan Suwendra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v1i1.358

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja rumah sakit umum Parama Sidhi dengan menggunakan metode Balanced scorecard. Metode Balanced scorecard merupakan metode pengukuran yang menitik beratkan empat perspektif yaitu : perspektif keuangan, perspektif pelanggan, proses internal bisnis dan pembelajaran dan pertumbuhan.
Penulis melakukan penelitian pada Rumah Sakit Umum Parama Sidhi Singaraja dengan mengambil data dari tahun 2010 sampai tahun 2011 untuk menganalisis beberapa perspektif. Peneliti juga mengunakan kueisoner yang disebarkan kepada pasien dan karyawan dalam pengambilan sampel.
Dari hasil yang telah dilakukan diketahui bahwa kinerja Rumah Sakit umum Parama Sidhi secara umum masih kurang, hal tersebut ditunjukan dengan hasil analisis dari masing-masing perspektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Balanced scorecard merupakan metode pengukuran kinerja yang sangan baik digunakan karena Balanced scorecard mengangkat aspek-aspek penting yang diabaikan oleh pengukuran secara tradisional. Hasil pengukuran yang akurat akan memberikan gambaran keputusan yang baik kepada manejemen dalam hal merencanaan, pengambilan keputusan untuk mewujudkan suatu visi dan misi suatu organisasi
Kata-kata kunci : Balanced scorecard. Perspektif keuangan, Perspektif internal bisnis Perspektif Pelanggan, Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

Downloads

Published

2013-02-01

Issue

Section

Articles