Pengaruh Aspek Green Accounting Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Intan Hadriyani
  • Ni Wayan Yulianita Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Green Accounting, Return on Assets, Return on Equity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aspek green acounting terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kemudian aspek green accounting diproyeksikan dengan kinerja lingkungan, pengungkaan lingkungan, produk ramah lingkungan, biaya lingkungan dan aktivitas lingkungan yang dipoyeksikan dengan Rerun on Assets (ROA) & Return on Equity (ROE). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu sebanyak 193 perusahaan. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria penentuan sampel yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2015-2019, perusahaan yang memiliki laporan tahunan dan keberlanjutan periode 2015-2019 serta perusahaan yang secara konsisten mengungkapkan tanggung jawab sosial periode 2015-2019, sehingga diperoleh sampel sejumlah 11 perusahaan. Kemudian data dianalisis dengan beberapa analisis regresi linier berganda dengan memanfaatkan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan, pengungkapan lingkungan, produk ramah lingkungan, biaya lingkungan dan aktivitas lingkungan berpengaruh terhadap profitabilitas baik

References

Dina, dkk. 2016. Environmental management activity toward financial performance in Indonesian mining companies

Eneizan, dkk. 2015. Effect of green marketing strategy on sales growth of green vehicles: an empirical study on car dealerships in Jordan.

Karuti N Tanoddkk. 2015. Influence Of Corporate Social Responsibility Activities On The Financial Performance Of Commercial Banks In Meru Town, Kenya. 98 International Journal of Economics, Commerce and Management Vol. III, Issue 9.

Lomanto. 2019. Pengaruh kinerja lingkungan, pengungkapan lingkungan dan biaya lingkungan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan non keuangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018.

Murdaningsih, Dwi. 2020. Industri Makanan Minuman bisa jadi Penyelamat hadapi resesi. Tersedia pada : https://republika.co.id/berita/qh44yp368/industri-makanan-minuman-bisa-jadi-penyelamat-hadapi-resesi.

Nurul, Khoirunnisak (2019) Analisis Pengaruh Penerapan Green accounting terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur dan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

Sukma. 2020. Pengaruh implemantasi green accounting terhadap kinerja perushaaan manufaktur dan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018

Silvi & Wireza. (2016). Analisis Pengaruh Penerapan Green accounting terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Universitas Andalas.

Sulistiawati, Eka & Dirgantari Novi. 2016. Analisis Pengaruh Penerapan Green accounting terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal reviu akuntansi dan keuangan Vol. 6 No. 1.

Wahyu, dkk. 2018. Pengaruh Kinerja Lingkungan, Biaya Lingkungan dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan dengan Corporat Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Intervening

Wardah. 2015. Analisis pengaruh penerapan green accounting terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Downloads

Published

2022-07-08

Issue

Section

Articles