Pengaruh Pengendalian Internal, Budaya Organisasi, Dan Moralitas Individu Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Studi Empiris Pada LPD Se-Kabupaten Buleleng)

Authors

  • Ni Putu Sri Pristya Depi
  • Made Arie Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengendalian Internal, Budaya Organisasi, Dan Moralitas Individu Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Studi Empiris Pada LPD Se-Kabupaten Buleleng). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fraud Triangle Theory. Populasi dalam penelitian ini adalah LPD Se-Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Sampel diambil sebanyak 107 kepala LPD. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 24 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengendalian Internal berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan, (2) Budaya Organisasi berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan, dan (3) Moralitas Individu berpengaruh negatif terhadap Kecenderungan Kecurangan (Studi Empiris Pada LPS Se-Kabupaten Buleleng). Kata Kunci: Pengendalian Internal, Budaya Organisasi, Moralitas Individu, Kecenderungan 

References

Atmadja, A. T., dan Saputra, A. K. 2017. “Pencegahan Fraud Dalam Pengelolaan Keuangan Desa”. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis.

Bisnis. 2020. LPD Jadi Tumpuan masyarakat Di Badung. Dalam https://m.bisnis.com/bali/read/. Diakses pada 24 Januari 2021.

Cendani, Ainun Astri. 2020. Pengaruh Moralitas Individu Dan Pengendalian Internal Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Pada Bappeda Kota Makassar (Studi Kasus SKPD Kota Makasar). Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ekayanti, Ni Wayan. Sujana, Edi. Wahyuni, Made Arie. 2017. “Pengaruh Budaya Organsisasi, Gaya Kepemimpinan, dan Pengalaman Kerja Terhadap Efektivitas Sistem Pengendalian Internal pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Se-Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar”. E-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha.

Liyanarachi, G. 2009. The Impact of Moral Reasoning and Retaliation on Whistle-Blowing: New-Zealand Evidence. Journal of Business Ethics, 89, 37-57.

Maulina, Isra., dkk. 2019. “Pengaruh Moralitas Individu Dan Pengendalian Internal Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Kasus: Pada Kantor DPKAD Kota Lholseuma We)”. Jurnal J-Iscan. Vol. 1.

Mawarni, Tiara Komang. 2016. “Pengaruh Efektivitas Sistem Pengendalian Internal, Moralitas Individu, Asimetri Informasi, Dan Implementasi Good Governance Terhadap Kecenderungan Fraud (Studi Empiris Pada SKPD Di Kabupaten Klungkung)”. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha

News.detik. 2021. “Kejati Bali Tetapkan 9 Tersangka Terkait Korupsi Di Buleleng Dan Tabanan”. Dalam https://news.detik.com/berita/d-5473416. Diakses pada 28 Februari 2021.

Nusabali.com. 2020. “Korupsi Rp 355 juta, Ketua LPD Kalianget Jadi Tersangka”. Dalam https://www.nusabali.com/berita/87282/korupsi-rp-355-juta-ketua-lpd-kalianget-jadi-tersangka. Diakses pada 24 Januari 2021.

Nusabali.com. 2020. “Terungkap Indikasi Penyelewengan Dana LPD Unggahan”. Dalam https://www.nusabali.com/berita/66226/. Diakses pada 28 Februari 2021.

Putra, Eka Prastika Aditya I Putu, dan Made Yenni Latrini. 2018. “Pengaruh Pengendalian Internal, Budaya Organisasi, dan moralitas Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Fraud) di Lpd Se-Kabupaten Gianyar”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol 25.

Radarbali.jawapos. 2019. “Rugikan Negara Rp 1,2 M Lebih, Ketua LPD Gerokgak Resmi Jadi Tersangka”. Dalam https://radar.jawapos.com/read/2019. Diakses pada 28 Februari 2021.

Suastawan, Putra Dwi Indra Made I. 2017. Pengaruh Budaya Organisasi, Proactive Fraud Audit Dan Shistleblowing Terhadap Pencegahan Kecurangan Dalam Pengelolaan Dana Bos (Studi Empiris Pada Sekolah-Sekolah Di Kabupaten Buleleng). Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sulistiyowati, Firma. 2007. “Pengaruh Kepuasan Gaji dan Kultur Organisasi Terhadap Persepsi Aparatur Pemerintah Daerah Tentang Tindak Korupsi”. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 11 (1), 47-66.

Tunggal, Amin Widjaja. 2011. Pengantar Internal Auditing. Jakarta : Harvarindo.

Udayani, Finty Anak Agung K dan Maria M. Ratna Sari. 2017. “Pengaruh Pengendalian Internal Dan Moralitas Individu Pada Kecenderungan Kecurangan Akuntansi”. Ejurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol 8.

Wardana, Adi Kadek. 2016. Pengaruh Moralitas Individu, Ketaatan Aturan Akuntansi, Keefektifan Pengendalian Internal Dan Kesesuaian Kompensasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Pada Hotel Bintang 3 Dan 4 Di Kabupaten Buleleng. Skripsi Universitas Pendidikan Ganesha.

Widodo, Untung. 2006. “Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja BAwahan (Studi Empiris pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang)”. Jurnal Fokus Ekonomi. Vol 1, No 2.

Widyaswari, Nanda Ayu I Dewa. 2017. Pengaruh Keefektivan Pengendalian Internal, Kesesuaian Kompensasi, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Fraud) Pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Se-Kecamatan Susut. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha.

Yadnya, Kusuma Dwi Made., dkk. 2017. “Pengaruh Moralitas Individu, Efektivitas Sistem Pengendalian Internal, Dan Ketaatan Aturan Akuntansi Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Fraud) (Studi Kasus Pada KSP Kecamatan Buleleng)”. E-journal S1 Ak. Vol 7

Yuliani. 2018. “Pengaruh Perilaku Tidak Etis, Pengendalian Internal dan Budaya Organisasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Empiris Instansi Pemerintahan Kab. Pasaman Barat”. Akuntansi Universitas Negeri Padang.

Downloads

Published

2022-07-08

Issue

Section

Articles