Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Modal Usaha, Dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Se-Kecamatan Tegallalang

Authors

  • Ni Made Brilian Maelana Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Adi Yuniarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v13i04.37303

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial, modal usaha dan pemahaman akuntansi terhadap keberlanjutan bisnis UMKM di masa pandemi Covid-19 Se-Kecamatan Tegallalang Penelitian ini merupakan penelitian kausal asosiatif (causal assosiative research). Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah 182 UMKM formal di Kecamatan Tegallalang Tahun 2020 yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 65 UMKM berdasarkan rumus slovin dan teknik pengumpulan sampel yaitu probably sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh positif terhadap keberlanjutan UMKM, yang ditunjukkan dengan koefisien regresi yang positif 0,164 dengan nilai signifikansi uji t 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Modal usaha berpengaruh positif terhadap keberlanjutan UMKM, yang ditunjukkan dengan koefisien regresi yang positif 0,115 dengan nilai signifikansi uji t 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Pemahaman akuntansi berpengaruh positif terhadap keberlanjutan UMKM, yang ditunjukkan dengan koefisien regresi yang positif 0,166 dengan nilai signifikansi uji t 0,004 lebih kecil dari α = 0,05.

Kata kunci: Media Sosial, Modal Usaha, Pemahaman Akuntansi, Keberlanjutan Bisnis UMKM

Downloads

Published

2022-12-30