Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019 - 2020

Authors

  • Denny Kusuma Wijaya
  • I Nyoman Putra Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v13i04.37437

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Variabel Corporate social responsibility diukur dengan proksi CSRI (corporate social responsibility reporting index)  GRI generation 4, variabel Ukuran Perusahaan dikur dengan proksi rasio Total Assets , variabel Profitabilitas diukur dengan menggunakan rasio Return On Asset, Nilai Perusahaan sebagai variabel dependen diukur dengan Rasio Tobin’s Q. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2020. Dengan menggunakan metode purposive sampling terdapat 16 perusahaan yang memenuhi kriteria dan kemudian di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Published

2022-12-30