Pengaruh Volume Penjualan Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Dan Komponennya Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019

Authors

  • Leny Suzan Telkom University
  • Hafidza Qurrota Ayunina Telkom University

Keywords:

Biaya Operasional, Laba Bersih dan Volume Penjualan

Abstract

        Tujuan utama perusahaan adalah untuk mendapat laba yang optimal, supaya perusahaan memperoleh laba yang sesuai dengan target, perusahaan perlu menyusun perencanaan laba yang baik kemampuan perusahaan memprediksi kondisi perusahaannya untuk masa yang akan datang juga perlu, dan mengamati faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi laba.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh volume penjualan, biaya operasional terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Populasi pada penelitian ini berjumlah 13 perusahaan namun hanya terdapat 11 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sample pada penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan pengelolahaan data menggunaan Eviews versi 11.

            Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah volume penjualan dan biaya operasional secara bersama-sama berpengaruh terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponennya yang terdaftar  pada Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Secara Parsial,volume penjualan berpengaruh negatif terhadap laba bersih sedangkan biaya operasional berpengaruh positif terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponennya periode 2016-2019.

References

Aksara., H. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Bumi.

Ammy. (2019). Perusahaan Dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Tekstil Dan Garment Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019 Skripsi. Murni 1, 462–473.

Anuggrah, Z., & Susianto, T. E. (2014). Pengaruh Pendapatan usaha dan Beban Operasional Terhadap Laba Bersih pada kopinkra karya pusaka sukabumi. E-Jurnal.Stiepasim.Ac.Id, Oktober 2017. Vol. 6, No. 2, 6(2).

Dewi, K. M. (2019a). Pengaruh Volume Penjualan Kamar Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada Hotel Grand Wijaya Singaraja Tahun 2014-2016 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja ISSN 2599-1418. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 626–635.

Dewi, K. M. (2019b, September 3). PENGARUH VOLUME PENJUALAN KAMAR DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP LABA BERSIH PADA HOTEL GRAND WIJAYA SINGARAJA TAHUN 2014-2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha; Universitas Pendidikan Ganesha.

Jusuf, J. (2014). Analisis Kredit Untuk Account Officer. Jakarta : PT Gramedia.

Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta : PT Prehalindo.

Munawir. (2012). Analisis Informasi Keuangan. Yogyakarta : Liberty.

Padji, A. dan. (2003). Kamus Istilah Akuntansi. Bandung: CV Yrama Widya.

Setiawan, D., & Kurniasih, N. C. (2020). Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi UNIBBA 55. Pengaruh Biaya Bahan Baku Dan Biaya Tenaga Kerja Terhadap Laba Bersih Pada Pt. Satwa Prima Utama, 11(April), 55–64.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : CV Alfabeta.

Wisesa, I. W. B., Zukhri, A., & Suwena, K. R. (2014). Pengaruh Volume Penjualan Mente dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada UD. Agung Esha Karangasem Tahun 2013. Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, 4(1), 2–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/3293

Wulandari, M. A. (2017). Pengaruh Pendapatan dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Studi Kasus Pada PT. Garuda Indonesia Tbk. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 1–15.

Y.Casmadi, irfan aziz. (2019). Pengaruh biaya produksi & biaya operasional terhadap laba bersih pada PT.ultrajaya milk industry & trading company,Tbk. Jurnal Akuntansi, 11(1), 1689–1699.

Yuda, I. M. A., & Sanjaya, I. K. P. W. (2020). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjulan terhadap Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2017. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 19(1), 35–42.

Downloads

Published

2022-07-08

Issue

Section

Articles