Transparansi.Dan.Akuntabilitas.Pelaporan.Alokasi Dana.Desa (Studi.Kasus.Desa.Minggirsari, Kecamatan Kanigoro, Kabuaten.Blitar)

Authors

  • Cindy Meilia Universitas Pembangunan "Veteran" Jawa Timur
  • Indrawati Yuhertiana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur”

Keywords:

Kata..Kunci, Transparansi, Akuntabilitas, Alokasi Dana Desa

Abstract

Riset ini mempunyai tujuan sebagai berikut: (1) mengetahui bagaimana mekanisme penyaluran Alokasi Dana Desa pada Pemerintah desa Minggirsari; (2) mengetahui bagaimana penyaluran Alokasi Dana Desa dari Pemerintah Desa Minggirsari ke  masyarakat desa secara transparansi dan akuntabilitas; dan (3) untuk dapat mengetahui permasalahan yang ada sehingga menjadi kendala dalam prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam tanggung jawab Pemerintah Desa terhadap dana yang ada dan bagaimana penyaluran serta alokasinya. Teknik pemeriksaan yang digunakan adalah strategi subjektif (kualitatif). Informasi yang dikumpulkan melalui pertemuan wawancara dan observasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) mekanisme penyaluran Alokasi Dana Desa Minggirsari dari Pemerintah Daerah menuju Pemerintah Desa Minggirsari telah menuang Peraturan Bupati Blitar Nomor 13 Tahun 2017 ‘tentang tata cara mengalokasikan dan penetapan besaran Alokasi Dana Desa yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). (2) Penyaluran dana Alokasi Dana Desa dari desa ke masyarakat sudah sesuai dengan prosedur sehingga masyarakat mengetahui pendapatan desa melalui perencanaan dan pelaksanaan sehingga dapat melaporkan kegiatan pembangunan desa yang lebih maju kepada masyarakat. (3).faktor yang mempengaruhi prinsip transparansi dan akuntabilita dalam hal tanggungjawab pemerintah desa pada pelaporan Alokasi Dana Desa adalah keterlambatan dana Alokasi Dana Desa yang masuk. Selain itu, lemahnya sumber daya manusia pada perangkat desa.

Kata Kunci : Transparansi, Akuntabilitas, Alokasi Dana Desa

References

Amalia, Z., Malikah, A., & Mahsuni, A. W. (2020). Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Yang Sesuai Dengan Pelaporan Akuntansi Sektor Publik. E-Jra, 09(02), 47–57.

Aset, J., Riset, A., Akuntansi, P. S., Ekonomi, F., & Jember, U. M. (2018). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (Studi Kasus pada Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang). Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 10(1), 105–112. https://doi.org/10.17509/jaset.v10i1.13112

Damayanti, W. (2018). Transparansi Dan Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Studi kasus: Desa Tegiri dan Desa Sumberagung Kecamatan Batuwarno ….

Frayudha, A. (2015). Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2015 Di Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang. 1–14.

Garung, C. Y., & Ga, L. L. (2020). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Add) Dalam Pencapaian Good Governance Pada Desa Manulea, Kecamatan Sasitamean, Kabupaten Malaka. Jurnal Akuntansi : Transparansi Dan Akuntabilitas, 8(1), 19–27. https://doi.org/10.35508/jak.v8i1.2363

Haryono, M. T., Kec, D., Kota, L., & Timur, J. (2021). ALOKASI DANA DESA DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE ( Studi Kasus di Kantor Pemerintah Desa Bendoroto , Kecamatan Munjungan ) Lulut Agus Riyanto , Afifuddin , Roni Pindahanto Widodo Jurusan Ilmu Administrasi Negara , Fakultas Ilmu Administrasi , Universitas Islam Malang , Jl . 15(2), 29–39.

Indrawan, A., Suyanto, & Jmv Mulyadi. (2017). Return On Equity, Current Ratio, Debt Equity Ratio, Asset Growth, Inflasi, dan Suku Bunga Terhadap Dividen Payout Ratio. In Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Vol. 6, Issue 11).

Putra, P. A. S., Sinarwati, K., & Wahyuni, M. A. (2017). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Bubunan, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/12270

Setiawan, M. W., Atmadja, A. T., & Sulindawati, N. L. G. E. (2017). Analisis Transparansi dan Akuntabilitas Pelaporan Alokasi Dana Desa (Studi Kasus Desa Bengkel, Kec.Busungbiu, Kab. Buleleng). Jurnal Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 1–11.

Ultafiah, W. (2017). Pengaruh a k u n t a b i l i t a s , transparansi dan partisipasi t e r h a d a p p e n g e l o l a a n dana desa untuk mewujudkan. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Yuliansyah, & Rusmianto. (2015). Akuntansi Desa. In Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-07-08

Issue

Section

Articles