PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT MEMBACA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UNIVERSITAS DI BALI)

Authors

  • Komang Nova Ariantini .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.4367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat membaca terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi pada mahasiswa jurusan akuntansi universitas di Bali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer, dimana data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada reponden. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 877 orang, dengan jumlah sampel 90 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji regresi linear sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA), pengujian data dilakukan dengan dibantu oleh Program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat membaca terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (3) terdapat pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi, (4) terdapat pengaruh signifikan antara minat membaca terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Minat Membaca, Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri

This study is intended to find out the impact of emotional quotient and interest in reading on the level of accounting comprehension with self confidence as moderating variable of the students of accounting department of the universities in Bali. Purposive sampling was used to obtain samples. The data collected was primary data, which was collected by using survey method by delivering questionnaires directly to the respondents. The population included 877 people, with samples included 90 people. The technique of analyzing data used was simple linear regression test and Moderated Regression Analysis (MRA). Data testing was done assisted by SPSS 17 program. The results of the study showed that (1) there is significant impact of emotional quotient on the level of accounting comprehension, (2) there is significant impact of interest in reading on the level of accounting comprehension (3) there is significant impact of emotional quotient on the level of accounting comprehension with self confidence as moderating variable, (4) there is significant impact on interest in reading on the accounting comprehension with self confidence as moderating variable.
keyword : emotional quotient, interest in reading, level of accounting comprehension, self confidence

Published

2014-11-06

Issue

Section

Articles