ANALISIS PERTUMBUHAN ASET, RISIKO BISNIS, DAN PROFITABILITAS YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN INDUSTRI JASA YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2013 (STUDI KASUS PADA SEKTOR RESTAURANT, HOTEL AND TOURISM)

Authors

  • Ketut Lanang Saputra .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .
  • Nyoman Ari Surya Darmawan, S.E., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.4379

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap pertumbuhan aset, risiko bisnis, dan profitabilitas. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan jasa dan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yakni seluruh perusahaan jasa yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) 2009-2013 pada sektor restaurant, hotel, and tourism, sedangkan sampel dalam penelitian ini yakni 10 perusahaan industri jasa. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Periode pengamatan dalam penelitian ini selama 5 tahun yaitu dari tahun 2009-2013. Sumber data yang digunakan adalah laporan keuangan tahunan yang diproleh melalui www.idx.co.id. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 19. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pertumbuhan Aset tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. (2) Risiko Bisnis berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. (3) Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.
Kata Kunci : Pertumbuhan Aset, Risiko Bisnis, Profitabilitas dan Struktur Modal.

This study was aimed at finding out the effect of capital structure on asset growth, business risk, and profitability. This study was done in service industry corporations and was a quantitative research. The population consisted of all the service industry corporations registered in Bursa Efek Indonesia (BEI) in 2009- 2013 in restaurant, hotel and tourism sectors, while the sample consisted of 10 service industry corporations. The sample was selected through purposive sampling technique. The period of observation lasted for 5 years obtained through www.idx.co.id. The data were analyzed by simple linear regression analysis and processed by SPSS version 19. The results showed that (1) Asset growth does not significantly influence capital structure, (2) Business risk significantly influences capital structure and (3) profitability significantly influences capital structure.
keyword : Asset Growth, Business Risk, Profitability and Capital Structure

Published

2014-11-06

Issue

Section

Articles