PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), KECERDASAN SPIRITUAL (SQ), DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Dan Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Udayana Denpasar)

Authors

  • Made Buda Artana .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.4396

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi yang sudah mengambil semua mata kuliah dan sedang menyusun skripsi pada perguruan tinggi negeri Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja dan Universitas Udayana Denpasar, dengan jumlah sampel 100 responden, sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regressi linier berganda dengan menggunakan program statistical package for social sciences (SPSS) for windows versi 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan intelektual berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,015 < 0,05, kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,013 < 0,05, kecerdasan spiritual berpengaruh negatif terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,025 < 0,05, dan perilaku belajar berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Secara simultan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, perilaku belajar, dan pemahaman akuntansi

The study was carried out in order to find out the effect of intellectual quotient (IQ), emotion quotient (EQ), spiritual quotient (SQ), and the learningbehavior on the understanding of accountancy concept both partially as well as simultaneously. This was a quantitative causal type of study involving 100 accountancy students completing all their subjects and those undergoing their writing of the final report in the state tertiary education of Ganesha University of Education, and Udayana University Denpasar as the samples. Those samples were determined by using purposive sampling. This study utilized a primary and secondary data sources. The data were analyzed by using multiple regression supported by SPSS (Statistical package for social science) program version 19. The results of the study indicated that the intellectual quotient (IQ) had a positive effect on understanding of accountancy concept with the significant value of 0.015<0.05, the emotion quotient (EQ) had a positive effect on understanding of accountancy concept with the significant value of 0.013<0.05, the spiritual quotient (SQ) had a negative effect on understanding of accountancy concept with the significant value of 0.025<0.05, and the learning behavior had a positive effect on understanding of accountancy concept with the significant value of 0.002<0.05. The intellectual quotient (IQ), emotion quotient (EQ), spiritual quotient (SQ), and the learningbehavior had a simultaneous positive effect on the understanding of accountancy concept with the significant value of 0.000<0.05.
keyword : intellectual quotient (IQ), emotion quotient (EQ), spiritual quotient (SQ), the learningbehavior, the understanding of accountancy concept

Published

2014-11-07

Issue

Section

Articles