PENGARUH SIZE PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LAVERAGE DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN ATAU CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (CSR DISCLOSURE) DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2013

Authors

  • Anastasia Indah Ayu Purnama .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .
  • Nyoman Ari Surya Darmawan, S.E., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.4414

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh size perusahaan, profitabilitas, laverage dan kepemilikan insitusional terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate sosial responsibility disclosure(CSR Disclosure) dalam laporan tahunan perusahaan manufaktur pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode judgementsampling, yaitu salah satu bentuk purposivesampling dengan mengambil sampel yang telah ditentukan sebelumnya berdasarkan maksud dan tujuan penelitian selama periode penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Regresi Linier Berganda, pengujian data dilakukan dengan dibantu Program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif (+) signifikan antara size perusahaan tehadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, (2) terdapat pengaruh negatif (-) signifikan antara profitabilitas terhadap penungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, (3) terdapat pengaruh negatif (-) signifikan antara laverage terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, (4) terdapat pengaruh positif (+) signifikan antara kepemilikan institusional terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, (5) terdapat pengaruh signifikan antara size perusahaan, profitabilitas, laverage dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
Kata Kunci : Size Perusahaan, Profitabilitas, Laverage, Kepemilikan Institusional, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Sosial Responsibility (CSR Disclosure)

This study was aimed at finding out the effect of corporation size, profitability, laverage and institutional ownership on corporate social responsibility disclosure in annual reports of manufacture corporations in Bursa Efek Indonesia in the 2010-2013 period. The sampling technique used was judgement sampling, namely one form of purposive sampling by selecting sample that has been predetermined based on the intention and purpose of the study during the study period. The data analysis technique used was Multiple Linear Regression Analysis; the data analysis was aided by SPSS 17 program. The results showed that (1) there is a significant and positive (+) effect of corporation size on social responsibility disclosure, (2) there is a significant and negative (-) effect of profitability on social responsibility disclosure, (3) there is a significant and negative (-) effect of laverage on social responsibility disclosure, (4) there is a significant and positive (+) effect of institutional ownership on social responsibility disclosure and (5) there is a significant effect of corporation size, profitability, laverage and institutional ownership on corporate social responsibility disclosure.
keyword : corporation size, profitability, laverage and institutional ownership on corporate social responsibility disclosure.

Published

2014-11-07

Issue

Section

Articles