Analisis Pengaruh Kesadaraan Wajib Pajak, Pelayanan Publik, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Pada UPT Samsat Kabanjahe Dengan Pengetahuan Pajak Sebagai Variabel Moderating
DOI:
https://doi.org/10.23887/jimat.v13i02.46125Keywords:
Kesadaran, Pelayanan Publik, Sanksi Pajak, Kepatuhan, dan PengetahuanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak, pelayanan publik, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada kantor UPT. SAMSAT Kabupaten Karo, Untuk mengetahui apakah pengetahuan pajak dapat memoderasi hubungan kesadaran wajib pajak, pelayanan publik, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada pada kantor UPT. SAMSAT Kabupaten Karo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausalitas yaitu untuk menguji hubungan kausal antara kesadaran wajib pajak, pelayanan publik dan sanksi pajak, yang dimoderasi oleh pengetahuan pajak. Jenis data penelitian ini yaitu data primer karena melakukan dengan cara studi lapangan dengan penyebaran kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak, pelayanan publik, dan sanksi perpajakan positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada kantor UPT. SAMSAT Kabupaten Karo. Pengetahuan pajak dapat memoderasi hubungan kesadaran wajib pajak, pelayanan publik, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada pada kantor UPT. SAMSAT Kabupaten Karo.
References
Alhuseian,Achmad Sani Dkk.2017. Kebijakan Dan Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Dalam Pembangunan Nasional Cetakan Pertama. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Angger Sigit Pramukti & Fuady Primaharsya.2015.Pokok-Pokok Hukum Perpajakan Cetakan Satu.Yogyakarta:Penerbit Pustaka Yustisia
Anggoro,Damas Dwi.2017.Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Cetakan Pertama. Malang: UB Press.
Ayza,Bustamar.2017.Hukum Pajak Indonesia Cetakan Pertama. Jakarta : Kencana.
Budiarto,Astrid.2016. Pedoman Praktis Membayar Pajak Cetakan Pertama. Yogyakarta: Genesis Learning
Cahyadi, I Made Wahyu dan I ketut Jati. 2016. “Pengaruh Kesadaran, Sosialisasi, Akuntabilitas Pelayanan Publik dan Sanski Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor”. E-Jurnal Akuntansi Chritina, Ni Kadek dan Putu Kepramareni. 2012. Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama Samsat Denpasar. Jurnal Riset Akuntansi Vol. 2, No. 2. Universitas Udayana. 11.4.
Mardiasmo.2011.Perpajakan Edisi Revisi 2011 Edisi Tujuhbelas .Yogyakarta: ANDI
Masdiasmo. 2018.Perpajakan. Edisi Sembilanbelas. Yogyakarta :ANDI
Prakosa, Kasit Bambang. 2003 Pajak Dan Retribusi Daerah Cetakan Pertama. Yogyakarta:UII Press
Pudyatmoko, Sry.2008.Pengantar Hukum Pajak Edisi Empat. Yogyakarta: ANDI
Resmi, Siti.2016.Perpajakan Teori Dan Kasus. Jakarta : Salemba Empat
Setyawan,setu.2020 perpajakan. Malang : UMMPress
Sugiono. 2019 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D Cetakan Ke-27. Bandung :Alfabeta
Thian,Alexander.2021.Dasar-Dasar Perpajakan Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi
Laporan jumlah kendaraan bermotor tahun 2016
Laporan jumlah kendaraan bermotor tahun 2017
Laporan jumlah kendaraan bermotor tahun 2018
Laporan jumlah kendaraan bermotor tahun 2019
Laporan jumlah kendaran bermotor tahun 2020
Laporan target dan realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor 2016
Laporan target dan realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor 2017
Laporan target dan realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor 2018
Laporan target dan realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor
Laporan target dan realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.