ANALISIS KINERJA KEUANGAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS (LKM-A) DAN PENDAPATAN PETERNAK SAPI ANGGOTA LKM-A (Studi Kasus pada LKM-A Gapoktan Merta Sari dan LKM-A Gapoktan Sangga Darma Satwa Kabupaten Buleleng)

Authors

  • Komang Ariska Putri .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.4639

Abstract

Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) adalah fase ketiga yang diharapkan dapat terbentuk dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) setelah Gapoktan menerima dana Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan agribisnis masyarakat perdesaan. Melalui PUAP dan LKM-A, Pemerintah berharap dapat menyelesaikan persoalan pembiayaan petani mikro dan buruh tani yang cenderung sulit mendapatkan pelayanan keuangan melalui lembaga keuangan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan dari dua LKM-A yang telah berhasil terbentuk di Kabupaten Buleleng hingga tahun 2013 yakni LKM-A Gapoktan Merta Sari dan LKM-A Gapoktan Sangga Darma Satwa serta mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan pada pendapatan peternak sapi sebelum dan sesudah menjadi anggota LKM-A. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif menggunakan analisis rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas untuk mengukur kinerja keuangan, serta analisis rasio R/C dan B/C yang dilanjutkan dengan uji t-Berpasangan melalui Program SPSS untuk mengukur pendapatan peternak sapi. Hasil penelitian menunjukkan kinerja kedua LKM-A berada pada kondisi yang cukup baik. Analisis rasio solvabilitas pada kedua LKM-A tidak dapat dilakukan karena LKM-A tidak memiliki kewajiban jangka panjang, sedangkan hasil perhitungan rasio likuiditas dan rentabilitas pada kedua LKM-A menunjukkan bahwa sebagian rasio sudah mampu memenuhi standar. Hasil perhitungan rasio R/C dan B/C pada pendapatan peternak sapi menunjukkan bahwa usaha ternak sapi yang dilakukan berada pada posisi yang menguntungkan, sedangkan uji t-Berpasangan menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada pendapatan peternak sapi sebelum dan sesudah menjadi anggota LKM-A.
Kata Kunci : kinerja keuangan, LKM-A, pendapatan peternak sapi, rasio keuangan, rasio B/C R/C

ANALYSIS OF FINANCIAL PERFORMANCE OF THE MICRO FINANCIAL INSTITUTION OF AGRIBUSINESS (LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS ‘LKM-A’) AND INCOME OF CATTLE BREEDERS AS MEMBERS OF LKM-A (A Case Study Conducted at LKM-A Gapoktan Merta Sari, Bebetin Village and LKM-A Gapoktan Sangga Darma Satwa Gerokgak Village, Buleleng Regency)
keyword : financial performance, LKM-A, income of the cattle breeders, financial ratio, ratio B/C R/C

Published

2015-02-24

Issue

Section

Articles