PENGARUH KOMPLEKSITAS TUGAS, ORIENTASI TUJUAN, TEKANAN KETAATAN DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KINERJA AUDITOR DALAM PEMBUATAN AUDIT JUDGEMENT ( Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Bali)

Authors

  • Putu Indah Wahyuni .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.4643

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompleksitas tugas, orientasi tujuan, tekanan ketaatan dan self-efficacy terhadap audit judgement secara parsial. Data diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan secara langsung pada Kantor Akuntan Publik di Bali sesuai dengan direktori yang diterbitkan oleh IAPI yang merupakan tempat dimana responden bekerja. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel yaitu auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik yang ada di Bali sebanyak 52 auditor. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dan pengujian data dilakukan dengan dibantu program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kompleksitas tugas, orientasi tujuan dan tekanan ketaatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap audit judgement, sedangkan untuk self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit judgement.
Kata Kunci : audit judgement, kompleksitas tugas, orientasi tujuan, tekanan ketaatan, dan Self-Efficacy

This study was aimed at finding out the effect of task complexity, orientation toward goal, pressure of discipline, and self-efficacy on audit judgement. The data were obtained through questionnaire distributed directly to public accounting offices in Bali according to the directory published by IAPI where the respondents worked. This study was done using a sample of auditors working in public accounting offices in Bali. There were 52 auditors all together. The sample was determined using purposive sampling technique. The data were analyzed using multiple regression analysis and the testing of the data was done using SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 22. The results showed that partially, task complexity, orientation toward goal and pressure of discipline have a negative effect and insignificant effect on audit judgement, while self-efficacy has a positive and significant effect on audit judgement.
keyword : audit judgement, task complexity, orientation toward goal, discipline pressure, and self-efficacy.

Published

2015-02-24

Issue

Section

Articles