MENELAAH FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA FRAUD (STUDI KASUS PADA PT. BPR KAPAL BASAK PURSADA CABANG SINGARAJA)

Authors

  • Ni Putu Mas Agustin Frasilia .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.4644

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor penyebab terjadinya fraud pada PT. BPR Kapal Basak Pursada Cabang Singaraja, (2) solusi penanganan dan pencegahan terjadinya fraud pada PT. BPR Kapal Basak Pursada Cabang Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis interaktif (interactive model of analysis). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Subjek penelitian ini adalah PT. BPR Kapal Basak Pursada Cabang Singaraja dan objek penelitiannya yaitu kasus fraud dan cara penanggulangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor penyebab terjadinya fraud pada PT. BPR Kapal Basak Pursada Cabang Singaraja dapat diklasifikasikan menjadi empat yaitu akibat lemahnya sistem pengendalian internal perusahaan, kontribusi gaji yang belum memadai, moralitas kolektor rendah akibat adanya kesempatan (opportunity), dan kurang efektifnya kinerja auditor internal perusahaan, (2) solusi penanganan fraud diselesaikan secara kekeluargaan dan pencegahan yang dilakukan dengan mengoptimalkan pengawasan serta menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menjalankan operasi perusahaan.
Kata Kunci : kecurangan, faktor penyebab fraud

The study aimed at finding out (1) several factors causing fraud at PT. BPR Kapal Basak Pursada Singaraja Branch Office, (2) solution in handling and preventing the fraud at PT. BPR Kapal Basak Pursada Singaraja Branch Office. This study utilized a qualitative approach with an interactive model of analysis. There were two types of data in this study such as primary and secondary data which were collected by using interview, observation, and documentation. The subjects of the study involved PT. BPR Kapal Basak Pursada Singaraja branch office and the object was the case of fraud and its solutions. The results of the study indicated that (1) there were several factors causing the case of fraud at PT. BPR Kapal Basak Pursada Singaraja branch office which could be classified into four different ones, such as the lack of internal control system, insufficient wage contribution, low level of collector morality as a results of opportunity, and ineffective internal auditor performance, (2) the solution in handling the fraud was to resolve amicably and to prevent another incident was by optimizing the control system and implementing circumspection principle in operating the companies.
keyword : fraud, factors causing fraud

Published

2015-02-24

Issue

Section

Articles