PENILAIAN KINERJA BADAN USAHA MILIK NEGARA BERDASARKAN ASPEK FINANSIAL DAN NON FINANSIAL PADA PT. PLN (PERSERO) AREA BALI UTARA

Authors

  • Prasaja Suganda .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.4723

Abstract

PT. PLN (Persero) Area Bali Utara adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang penyediaan dan pendistribusian energi listrik. PT. PLN (Persero) Area Bali Utara memiliki peran sangat vital dalam penyediaan tenaga listrik di Buleleng dan Jembrana. PT. PLN (Persero) Area Bali Utara secara terus menerus ingin meningkatkan profesionalisme dalam pelayanan, sehingga secara langsung dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kinerja BUMN berdasarkan analisis rasio untuk menilai kinerja aspek finansial dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk menilai kinerja aspek non finansial. Penelitian ini dilakukan pada PT. PLN (Persero) Area Bali Utara. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja aspek finansial perusahaan yang dinilai dengan analisa rasio finansial dari segi rasio likuiditas dan rasio aktivitas menunjukkan kinerja perusahaan kurang baik, sedangkan dari segi rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas kinerja perusahaan cukup baik. Kemudian kinerja aspek non finansial perusahaan adalah baik.
Kata Kunci : Aspek Finansial, Aspek Non Finansial, BUMN, Kinerja, PT. PLN

State Power Company or PT. PLN (Persero) north Bali area is a state-owned enterprices which engages in providing and distributing elictrical energy. This company has a very essential or vital role in providing electric energy in Buleleng and Jembrana. It also desires to keep improving the professionalism in providing services, that this company could directly improve the customers’ satisfaction. The purpose of this study was to evaluate the performance of this state-owned enterprices based on ration analysis to evaluate financial aspect and public satisfaction indexes to measure aspect of non financial performance. The study was conducted at the state power company office or PT. PLN (Persero) in the north Bali area. The data were collected from primary and secondary sources by using documentation and questionnaire, which were then finally analyzed based on quantitative method. The results indicated that there was poor company’s performances in the aspect of company’s financial performance which was measured by financial ratio analysis and in terms of liquidity ration and activity ration, while in terms of solvability ratio and profitability ration the company’s performance was found sufficiently good. Then the result of non financial aspect is good.
keyword : Financial aspect, non financial aspect, state-owned enterprices, performance, state power company

Published

2015-03-04

Issue

Section

Articles