PERSEPSI PEMILIK ART GALLERY DI KABUPATEN GIANYAR TERHADAP PERATURAN PEMERINTAH NO. 46 TAHUN 2013 TENTANG PAJAK PENGHASILAN ATAS PENGHASILAN DARI USAHA YANG DITERIMA ATAU DIPEROLEH WAJIB PAJAK YANG MEMILIKI PEREDARAN BRUTO TERTENTU (STUDI KASUS PADA MAMMOTH ART GALLERY)

Authors

  • Ni Wyn. Meilani Suwardani .
  • I MADE PRADANA ADIPUTRA, S.E.,S.H.,M.Si. .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.4743

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemilik art gallery terhadap pengaruh perubahan tarif pajak terhadap laporan keuangan, perubahan tarif dan dasar perhitungan, kemudahan dan penyederhanaan, PP No. 46 Tahun 2013 sebagai media edukasi masyarakat untuk transparansi dalam pembayaran pajak, sosialisasi PP No. 46 Tahun 2013 yang dilakukan Direktorat Jendral Pajak (DJP) serta kesesuaian pengenaan pajak terhadap UMKM sesuai syarat pemungutan pajak harus adil. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara secara langsung dengan pemilik Mammoth Art Gallery dan metode yang digunakan dalam pemilihan informan adalah metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perubahan tarif pajak tidak berpengaruh terhadap laporan keuangan. (2) Owner Mammoth Art Gallery setuju dengan adanya perubahan tarif dan dasar perhitungan pajak. (3) Owner Mammoth Art Gallery sependapat bahwa kemudahan dan penyederhanaan perhitungan pajak penghasilan mempermudah menghitung pajak yang terutang. (4) Owner Mammoth Art Gallery berpendapat bahwa PP No. 46 Tahun 2013 tidak dapat mengedukasi masyarakat untuk transparansi dalam pembayaran pajak karena hal tersebut tergantung dari kejujuran Wajib Pajak. (5) Owner Mammoth Art Gallery merasa puas dengan sosialisasi mengenai PP No. 46 Tahun 2013 yang dilakukan oleh DJP. (6) Menurut Owner Mammoth Art Gallery penerapan PP No. 46 Tahun 2013 telah adil karena tarif yang dikenakan merata kepada UMKM.
Kata Kunci : Persepsi, art gallery, PP No. 46 Tahun 2013

The study aimed at finding out the perception of art gallery owners on the influence of the changes in tax rates on the financial report, change of tariffs and the basis of calculation, the ease and simplicity based on the government regulation No. 46 in 2013,as a social educational media for transparency in the tax payment, socialization of government regulation No 46 in 2013 by the Directorate General of Taxes, as well as suitability of taxation towards UMKM according the term of taxation should be fair. The informants were selected based on the purposive sampling method. The data of the study were obtained from a direct interview with the Mammoth Art Gallery. The results indicated that (1) the change of tax rates has no significant effect on the financial report. (2) Mammoth Art Gallery Owner agreed with the changes of tax rates and the basis of tax calculation. (3) Mammoth Art Gallery Owner agreed that the ease and simplicity of the income tax calculation could help simplify in calculating taxes payable. (4) Mammoth Art Gallery Owner considered that government regulation No. 46 could not educate the society to be transparent in the payment of taxes, because it always depends on the tax payer’s honesty. (5) The Owner Mammoth Art Gallery felt satisfy with the socialization about government regulation No. 46 in 2013 which done by Directorate General of Taxes. (6) According to the Mammoth Art Gallery Owner the implementation of government regulation No.46 in 2013 had been fair enough because the rates to be imposed to the UMKM was prevalent.
keyword : perception, art gallery, government regulation No.46 in 2013

Published

2015-03-05

Issue

Section

Articles