PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, KOMITMEN ORGANISASI DAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (STUDI EMPIRIS PADA RUMAH SAKIT PEMERINTAH DAN RUMAH SAKIT SWASTA DI KABUPATEN BULELENG)

Authors

  • Desak Nyoman Widia Novitasari .
  • Nyoman Ari Surya Darmawan, S.E., Ak. .
  • Desak Nyoman Sri Werastuti, S.E., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.4747

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, komitmen organisasi dan sistem pengendalian manajemen terhadap kinerja manajerial pada rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta di Kabupaten Buleleng baik secara parsial maupun secara simultan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng (RSUD), Rumah Sakit TNI Singaraja, Rumah Sakit Parama Sidhi dan Rumah Sakit Umum Shanti Graha. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kepala bagian, kepala sub bagian, kepala seksi dan kepala sub seksi yang ada pada masing-masing rumah sakit, dengan jumlah responden adalah 63 orang. Sumber data dalam penelitian adalah data primer. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui penyebaran kuesioner secara langsung ke responden. Kuesioner disusun dengan menggunakan skala likert 1 sampai 5. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dan pengujian data dilakukan dengan dibantu oleh Program SPSS (Statistical Product and Service Solution) 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial partisipasi anggaran, komitmen organisasi, dan sistem pengendalian manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial pada rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta di Kabupaten Buleleng. Secara simultan baik partisipasi anggaran, komitmen organisasi, dan sistem pengendalian manajemen berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial pada rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta di Kabupaten Buleleng.
Kata Kunci : partisipasi anggaran, komitmen organisasi, sistem pengendalian manajemen, dan kinerja manajerial

This present study was intended to identify the impact of budgetary participation, organizational commitment and system of management control on the managerial performance on the government and private hospitals located in Buleleng Regency partially and simultaneously. Design research used was quantitative research. The population in this study included the General Hospital of Buleleng regency, TNI Singaraja hospital, ParamaSidhi Hospital and General Hospital Graha Shanti. The sampling technique used in this study used purposive sampling. The sample used in this study were all head section, sub-section chief, section chief and head of the subsections in each hospital, with the number of respondents was 63 people. Source of data in this study were primary data. The data were collected by using a survey method through spreading the questionnaires directly to the respondents. The questionnaires were prepared by using a Likert scale of 1 to 5. The method of data analysis used were multiple regression analysis and the data testing were aided by SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 19. The results of the study showed that partially the budgetary participation, the organizational commitment, and the system of managerial control positively and significantly contributed to the managerial performance of the government and private hospitals in Buleleng Regency.
keyword : budgetary participation, organizational commitment, system of management control, and managerial performance

Published

2015-03-05

Issue

Section

Articles