ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, INFORMASI ASIMETRI DAN PENEKANAN ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN (BUDGETARY SLACK) (STUDI PADA SKPD PEMERINTAH KABUPATEN BULELENG)

Authors

  • I Nyoman Triantana Putra .
  • I MADE PRADANA ADIPUTRA, S.E.,S.H.,M.Si. .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.4809

Abstract

Dalam proses penyusunan, anggaran memiliki dampak langsung terhadap perilaku manusia. Oleh karena itu, terdapat perilaku-perilaku manusia yang akan timbul sebagai akibat dari anggaran, baik yang bersifat perilaku positif maupun perilaku yang negatif. Perilaku yang positif akan timbul jika tujuan pribadi masing-masing manajer selaras, serasi, dan seimbang dengan tujuan perusahaan (goal congruence) dan manajer mempunyai kemauan untuk memenuhinya. Sebaliknya, tindakan negatif seperti budgetary slack. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara partisipasi anggaran, asimetri informasi dan penekanan anggaran terhadap slack anggaran baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini mengambil lokasi di SKPD Kabupaten Buleleng. Populasi dalam penelitian ini adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Buleleng. Yang mana populasinya adalah pengelola unit kerja atau penjabat struktural yang terlibat dalam proses penyusunan anggaran di masing - masing dinas atau badan yang ada pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Buleleng. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 12 orang tiap tiap SKPD. Metode pengumpulan data dengan menyebar kuesioner. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis berganda, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan dan positif Partisipasi Anggaran terhadap slack anggaran. Asimetri Informasi mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Slack Anggaran. Penekanan Anggaran mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Slack Anggaran. Partisipasi Anggaran, Asimetri Informasi dan Penekanan Anggaran secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap Slack Anggaran.
Kata Kunci : Partisipasi, Asimetri Informasi, Slack Anggaran

In the process of budgeting, budget has a direct effect on human behavior. Thus, there are human behaviors that will develop both positively and negatively. Positive behavior will arise if the personal goal of every manager is fit, harmonious and balanced with the goal of the enterprise (goal congruence) and the manager has the willingness to meet it. On the contrary, there are negative actions such as budgetary slack. This study was aimed at finding out the effect of budgetary participation, information asymmetry and budgetary stress on budgetary slack both partially and simultaneously. This study took place in SKPDs in Buleleng regency. The population was SKPDs in Buleleng regency. They were the managers of the force units or structural officials involved in the process of budgeting in each office or organization in the SKPDs in Buleleng regency. The sampling technique used was purposive sampling and the sample consisted of 12 people for each SKPD. The data collection was done by distributing questionnaires. The data were analyzed using multiple regression, t-test and F-test. The results showed that there is a significant and positive effect of budgetary participation on budgetary slack. Information asymmetry has a significant and positive effect on budgetary slack. Budgetary Stress has a significant and positive effect on Budgetary Slack. Budgetary participation, Information Asymmetry and Budgetary Stress simultaneously have a significant effect on Budgetary Slack.
keyword : Participation, Information Asymmetry, Budgetary Slack

Published

2015-03-09

Issue

Section

Articles