PELAKSANAAN DAN PERMASALAHAN DALAM MENCIPTAKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR YANG IDEAL PADA PEMBAYARAN SUPPLIER RUTIN DI THE 101 BALI HOTEL LEGIAN

Authors

  • Milla Permata Sunny .
  • Desak Nyoman Sri Werastuti, S.E., Ak. .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.4828

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pelaksanaan pembayaran supplier rutin pada The 101 Hotel Legian, mengidentifikasi permasalahan terhadap pelaksanaan SOP, dan mengevaluasi bentuk SOP yang ideal dan handal untuk pembayaran supplier rutin pada The 101 Hotel Legian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskritif kualitatif yang berupa kegiatan mendeskripsikan data yang telah dikumpul secara logis dan disertai argumentasi untuk dapat ditarik kesimpulan. Objek penelitian yang digunakan adalah data hasil penelitian Hotel The 1O1 Legian. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa data hasil pembayaran supplier Hotel The 101 Bali Legian tahun 2013 dan tahun 2014 (berjalan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian pustaka, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan hotel The 101 Legian, dan sampel penelitian menggunakan purpose sampling yaitu pengambilan sampel yang bersifat tidak acak dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa (1) pelaksanaan prosedur pembayaran supplier pada The 101 Legian sudah terstruktur dan memiliki pola yang sesuai dengan Standar Alur Pembelian, (2) kelemahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah terlalu lamanya jangka waktu yang dibutuhkan atau diperlukan perusahaan induk dalam mengambil keputusan untuk transaksi di atas USD 500, (3) untuk mengantisipasi dampak berkelanjutan pada kebijakan tersebut sebaiknya diberikan batasan waktu kepada perusahaan induk untuk segera menangani permohonan persetujuan maksimal 3 hari.
Kata Kunci : Supplier, Kredit, Utang, SOP, Hotel.

The study aimed at observing the implementation regular supplayer payments on the 101 Hotel Legian, identifying the problems on the implementation of SOP, and evaluating the form of an ideal and reliable SOP for the regular supplier payments on the 101 Hotel Legian. The population of the study involved all the hotel staff members of the 101 Bali Legian, from which the samples were selected based on the purposive sampling, that is the selection of the samples with non-random technique, only based on a particular consideration. The analysis was conducted by using descriptive qualitative consisting of describing logically the obtained data followed by argumentation before conclusion was made. The object of the study was about the data of result of study of the 101 Hotel Legian. The data were obtained from the primary sources in the form of payment results of the 101 Bali Hotel Legian in 2013 and 2014 (the current year). The data were collected by using library research, observation, interview, documentation recording. The results of the study indicated that (1) the implementation of the supplier ayment procedure on the 101 Legian Hotel had been found structured and has appropriate patterns with the purchasing order standard, (2) The weakness that was found in this research is the period required by parent company in giving decision to follow up the transaction above USD 500 was too long, (3) To anticipate the sustainable impact of that policy, it will be better to give time limitation to parent company to decide the approval request as soon as 3 days maximum.
keyword : Supplier, Credit, Debt, SOP, Hotel.

Published

2015-03-10

Issue

Section

Articles