ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI TERKAIT KOMPETENSI LULUSAN S1 AKUNTANSI

Authors

  • Ni Nyoman Sri Murniasih .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.4936

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi antara akuntan pendidik, akuntan internal, dan akuntan publik terkait kompetensi yang harus dimiliki lulusan S1 akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah stakeholder yang terdiri dari tiga kelompok responden, yaitu: akuntan pendidik, akuntan internal, dan akuntan publik. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 102 responden yang terdiri dari 34 responden untuk masing-masing kelompok responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis uji beda yang diolah menggunakan program SPSS 20,0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dengan akuntan internal, akuntan pendidik dengan akuntan publik, dan akuntan internal dengan akuntan publik terkait kompetensi yang harus dimiliki lulusan akuntansi. Dimana akuntan pendidik memiliki persepsi yang lebih tinggi dibandingkan dengan akuntan internal dan akuntan publik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis data, dimana akuntan pendidik merasa 47 kompetensi menurut Albrecht and Sack harus dimiliki lulusan akuntansi untuk mampu saing di dunia kerja. Masing-masing akuntan memiliki persepsi yang berbeda, hal ini terjadi karena persepsi dipengaruhi oleh banyak hal salah satunya adalah pengalaman kerja.
Kata Kunci : Kompetensi, Persepsi, Akuntan

The purpose of the study was to find out different perception between educator accountancy, internal accountancy, and public accountancy in relation to the competency that the graduate of S1 accountancy should have. It was a quantitative research design, using a primary data obtained from distributing questionnaire. The population involved in the study was all stakeholders consisting of three different groups of respondents, that is: educator accountancy, internal accountancies, and public accountancies. While the samples were selected based on a purposive sampling method with a total number of 102 respondents consisted of 34 respondents for every group of respndents respenctively. The analysis was made by using t-test supported by SPSS program 20.0 for windows. The results of the study indicated that there was a different perception between educator accountancy and internal accountancy, between educator accountancy and pblic accountancy, and internal accountancy and public accountancy in relation to the competency that the graduate of accountancy S1 program should have. Where educator accountancy had higher perception than internal accountancy and public accountancy. It was related to the results of data analysis, where educator accountancy got 47 point of competency according to Albrecht and Sack that the graduate should have in order to be competitive in the working opportunities. Every accountancy had different perception, because every perception could be influenced by many factors, one of them is working experience.
keyword : competency, perception, accountancy

Published

2015-05-25

Issue

Section

Articles