Pengaruh Financial Attitude, Shopping Lifestyle Dan Penggunaan E-Wallet Terhadap Perilaku Impulsive Buying Dalam Marketplace Shopee
(Studi Pada Generasi Z di Kabupaten Buleleng)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jimat.v14i04.49420Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial attitude, shopping lifestyle dan penggunaan e-wallet terhadap perilaku impulsive buying. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 399 generasi Z di Kabupaten buleleng yang pernah berbelanja melalui platform marketplave Shopee. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner menggunakan media google form. Sampel dipilih menggunakan kriteria dengan teknik purposive sampling kemudian dihitung dengan rumus Slovin. Data yang digunakan adalah data primer berupa jawaban responden dan diolah menggunakan SPSS versi 26. Alat Uji data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah itu menggunakan pengujian asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji T dan koefisien determinasi. Data dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa shopping lifestyle dan penggunaan e-wallet secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulsive buying. Sedangakan variable financial attitude secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku impulsive buying.
Kata kunci: financial attitude, shopping lifestyle, penggunaan e-wallet, impulsif buying.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.