Persepsi Akuntan Pendidik Dan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Etika Penyusunan Laporan Keuangan ( Studi Pada Perguruan Tinggi Negeri di Bali )

Authors

  • Komang Rudiarsiki .
  • Desak Nyoman Sri Werastuti, S.E., Ak. .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.5056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi akuntan pendidik dan mahasiswa S1/D4 akuntansi terhadap etika penyusunan laporan keuangan, dan mengetahui perbedaan persepsi akuntan pendidik dan mahasiswa S1/D4 akuntansi terhadap etika penyusunan laporan keuangan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada Perguruan Tinggi Negeri di Bali yang memiliki jurusan S1/D4 akuntansi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah akuntan pendidik dan mahasiswa S1/D4 akuntansi tingkat akhir pada Perguruan Tinggi Negeri di Bali. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan menggunakan instrumen kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert, dengan jumlah responden sebanyak 66 orang. Pengujian data dilakukan dengan non parametrik yaitu Mann Whitney U-Test dengan menggunakan bantuan SPSS 19.00 untuk windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa akuntan pendidik dan mahasiswa S1/D4 akuntansi sama-sama memiliki respon baik, namun secara keseluruhan terdapat perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa S1/D4 akuntansi terhadap etika penyusunan laporan keuangan.
Kata Kunci : Kata Kunci: Persepsi, Akuntan Pendidik, Mahasiswa, Etika, Laporan Keuangan.

The study aimed at finding out the perception of accountant educators and students of accountancy S1/D4 program towards the ethics of writing financial report, and finding out the different perception between accountant educators and students of accountancy S1/D4 program towards the ethic in writing financial report. The study was conducted at different state universities in Bali having Department of Accountancy S1/D4 program by employing a quantitative methods. The population of the study involved all the accountant educators as well as students of accountancy S1/D4 program at the final year of the state universities in Bali. The samples were selected by using purposive sampling technique. The data were collected from a primary source by using field study by distributing questionnaires with a total number of samples about 66 respondents. The analysis was conducted by using non-parametric Mann Whitney U-Test supported by SPSS 19.00 for windows. The results of the study indicated that both the accountant educators and the students of accountancy S1/D4 program have good responses, however, as a whole they have dfferent perception towards the writing of financial report.
keyword : Key words: perception, accountant educators, students, ethics, financial report

Published

2015-06-17

Issue

Section

Articles