PENGARUH KARAKTERISTIK INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN (SAM), DESENTRALISASI, DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (STUDI EMPIRIS PADA HOTEL SE-KABUPATEN BULELENG)

Authors

  • Putu Eka Damayanti .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .
  • Desak Nyoman Sri Werastuti, S.E., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.5121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh karakteristik informasi sistem akuntansi manajemen (SAM), desentralisasi, dan ketidakpastian lingkungan terhadap kinerja manajerial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer dan kepala bagian hotel se-Kabupaten Buleleng yang terdaftar pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebanyak 696 orang . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu hotel yang berada pada pusat pariwisata Kabupaten Buleleng yakni daerah kawasan Lovina, Pemuteran dan Taman Nasional Bali Barat sehingga jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 70 orang. Responden dalam penelitian ini adalah para manajer dan seluruh kepala bagian pada hotel. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan kuantitatif dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data dikumpulkan dengan metode survey melalui penyebaran kuesioner secara langsung. Selanjutnya untuk analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 19.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) karakteristik informasi sistem akuntansi manajemen (SAM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, (2) desentralisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, dan (3) ketidakpastian lingkungan juga berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial.
Kata Kunci : karakteristik informasi sistem akuntansi manajemen (SAM), desentralisasi, ketidakpastian lingkungan, dan kinerja manajerial

This study was intended to identify the impact of the informational characteristics of the management of accounting system ‘sistem akuntansi manajemen (SAM)’, and environmental uncertainty on the managerial performance. The population of the present study included the division heads of the hotels in Buleleng Regency registered in the Department of Culture and Tourism, totaling 696. The samples were taken using the purposive sampling technique, and were limited to the hotels which are located at Lovina area, Pemuteran area, and Taman Nasional Bali Barat area, totaling 70. The respondents of the present study included the managers and all division heads. This present study is a quantitative one and the data used were the primary data. The data were collected using documentation method. The data were collected using the survey method through direct distribution of questionnaire. Then, the data were analyzed using the multiple linier regression analysis and SPSS program version 19.0. The results of the study showed that (1) the informational characteristics of the management of the accounting system positively and significantly affected the managerial performance, (2) decentralization positively and significantly contributed to the managerial performance, and (3) environmental uncertainty also positively and significantly contributed to the managerial performance.
keyword : characteristics of the management of the accounting system, decentralization, environmental uncertainty and managerial performance

Published

2015-07-08

Issue

Section

Articles