ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN BERBASIS BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada PT. Bali Pawiwahan)

Authors

  • I Gusti Ayu Rindayani .
  • Nyoman Ari Surya Darmawan, S.E., Ak. .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.5220

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja perusahaan PT. Bali Pawiwahan dengan pengukuran berbasis Balanced Scorecard. Balanced Scorecard merupakan alat pengukuran kinerja yang memiliki empat perspektif, yakni perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian dilakukan di PT. Bali Pawiwahan dengan mengambil data keuangan dari tahun 2011 sampai tahun 2013 untuk menganalisis perspektif keuangan dan melakukan wawancara untuk menganalisis perspektif proses bisnis internal. Peneliti juga menggunakan kueisoner yang disebarkan kepada pelanggan, supplier, dan karyawan dalam pengambilan sampel untuk menganalisis perspektif pelanggan dan pembelajaran dan pertumbuhan. Dari hasil yang telah dilakukan diketahui bahwa kinerja perusahaan PT. Bali Pawiwahan secara umum sudah baik, hal tersebut ditunjukan dengan hasil analisis dari masing-masing perspektif. Kinerja keuangan menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, kinerja kepuasan pelanggan menunjukkan nilai kepuasan yang baik. Kinerja proses bisnis internal juga menunjukkan hasil yang baik pada proses inovasi, operasi, dan layanan purna jual. Begitu pula dengan kepuasan karyawan yang menunjukkan nilai kepuasan yang baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Balanced Scorecard merupakan pengukuran kinerja yang sangat baik digunakan karena Balanced Scorecard mengangkat aspek-aspek penting yang selama ini diabaikan oleh pengukuran kinerja secara tradisional.
Kata Kunci : Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan

This study was aimed at analyzing the performance of PT. Bali Pawiwahan using a measurement based on Balanced Scorecard. Balanced Scorecard is an instrument for performance that has four perspectives, i.e., finance, customer, internal business process, and learning and growth. This study was done in PT. Bali Pawiwahan using the finance data from 2011 to 203 to analyze the finance perspective and doing an interview for analyzing the internal business process perspective. The researcher also used questionnaires that were distributed to the customers, suppliers, and employees in collecting the sample to analyze customer perspective and learning and growth. From the result it was found out that PT. Bali Pawiwahan is generally good, as shown by the analysis result of each perspective. The finance performance showed an increase from year to year, customer satisfaction performance showed a good score. The internal business process performance also showed a good result in innovation, operation, and after sale service processes. The same is true with the employee satisfaction that showed a good score. Based on the results it can be concluded that Balanced Scorecard is a good performance measurement to use since it reveals important aspects that have been ignored so far by the traditional performance measurement.
keyword : Balanced Scorecard, Finance Perspective, Customer Perspective, Internal Business Process Perspective, Learning and Growth Perspectiv

Published

2015-07-20

Issue

Section

Articles