PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN BUDAYA ETIS ORGANISASI TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN (FRAUD) PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KECAMATAN BULELENG

Authors

  • Komang Ayu Lestari .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v3i1.5221

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti secara empiris pengaruh pengendalian internal dan budaya etis organisasi terhadap kecenderungan kecurangan (fraud). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai bagian akuntansi/keuangan pada Koperasi Simpan Pinjam di Kecamatan Buleleng sebanyak 34 karyawan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linier berganda. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS versi 19. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara pengendalian internal terhadap kecenderungan kecurangan (fraud), (2) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara budaya etis organisasi terhadap kecenderungan kecurangan (fraud), dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pengendalian internal dan budaya etis organisasi terhadap kecenderungan kecurangan (fraud).
Kata Kunci : pengendalian internal, budaya etis organisasi, dan kecenderungan kecurangan (fraud).

The purpose of the study was to investigate empirical effect of the internal control and organization ethic culture on the fraud tendency. It is a quantitative study by involving data obtained by using questionnaire and measured by Likert scales. There were 34 respondents involved as the samples which were selected from the office staffs in financial/ accounting section at all savings and loan cooperatives around Buleleng sub-district by using purposive sampling. The analysis was conducted by using multiple linear regression supported by SPSS version 19 program. The results of the study indicated that (1) the internal control had a significant but negative effect on the fraud tendency, (2) the organization ethic culture had a significant but a negative effect on the fraud tendency, and (3) the internal control and organization ethic culture had a significant effect on the fraud tendency.
keyword : internal control, organization ethic culture, and fraud tendency

Published

2015-07-20

Issue

Section

Articles